Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Dan Papan Braille Untuk Mengenalkan Konsep Huruf Hijaiyah Pada Tunanetra Di Kediri

Lestari, Sri (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Dan Papan Braille Untuk Mengenalkan Konsep Huruf Hijaiyah Pada Tunanetra Di Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932101819_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932101819_bab1.pdf

Download (266kB)
[img] Text
932101819_bab2.pdf

Download (408kB)
[img] Text
932101819_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text
932101819_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932101819_bab5.pdf

Download (179kB)
[img] Text
daftar_pustaka.pdf

Download (167kB)
[img] Text
932101819_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
932101819_sp.pdf

Download (365kB)

Abstract

SRI LESTARI. Dosen Pembimbing Dr. Fartika Ifriqia, M.Pd. dan Novi Rosita Rahmawati, M.Pd. Media Pembelajaran Berbasis Flashcard dan Papan Braille Untuk Mengenalkan Konsep Huruf Hijaiyah Pada Tunanetra di Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata kunci: Pengembangan Flashcard, Papan Braille Hijaiyah, Tunanetra. Pengembangan media pembelajaran berbasis flashcard dan papan braille ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan tentang tidak tersedianya media belajar yang praktis dan inovatif yang dapat digunakan untuk mengenal huruf hijaiyah braile, dan belum adanya tindakan atau pemberian materi huruf hijaiyah braille kepada peserta didik tunanetra. Tujuan pengembangan ini diantaranya: (1) untuk Menghasilkan pengembangan media pembelajaran berbasis flashcard dan papan braille dalam mengenalkan konsep huruf hijaiyah pada tunanetra di Kediri. (2) untuk Menganalisis kelayakan pengembangan media pembelajaran berbasis flashcard dan papan braille dalam mengenalkan konsep huruf hijaiyah pada tunanetra di Kediri. Skripsi ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research And Development (RnD) dengan model pengembangan (Analysis, Desaign, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi, angket respon, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: (1) Proses pengembangan media pembelajaran flashcard braille hijaiyah untuk tunanetra didesain sesuai dengan kebutuhan peserta didik, yakni media berbentuk kartu kecil terbuat dari impraboard dan papan braille terbuat dari triplek dengan desain tulisan braille timbul menggunakan paku payung. Proses ini membutuhkan waktu 1 bulan setelah dilakukan analisis kebutuhan dan pengumpulan data. Pengembangan ini menghasilkan produk media pembelajaran berbasis flashcard dan papan braille hijaiyah yang dilengkapi dengan buku panduan dan handout. Pengembangan media ini juga disesuiakan dengan RPP dan silabus. Pengembangan ini menggunakan ADDIE dengan 5 tahapan. (2) Media pembelajaran berbasis flashcard dan papan braille hijaiyah telah diuji kelayakannya oleh dua ahli, yakni ahli media dan ahli materi. hasil dari validasi media menyatakan sangat layak dengan rerata skor 3,8 kemudian validasi materi menyatakan sangat layak dengan rerata skor 3,87. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis flashcard dan papan braille hijaiyah yang telah dikembangkan dapat dikategorikan sangat valid, sangat efektif, dan sangat layak dapat digunakan tanpa perbaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 16 Oct 2023 06:47
Last Modified: 08 Dec 2023 02:35
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10284

Actions (login required)

View Item View Item