Mu'thi, Moch. Eriqbay Abdul (2023) Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Di MTs NU Joho Pace Kabupaten Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932122218_prabab.pdf Download (761kB) |
|
Text
932122218_bab1.pdf Download (436kB) |
|
Text
932122218_bab2.pdf Download (599kB) |
|
Text
932122218_bab3.pdf Download (435kB) |
|
Text
932122218_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932122218_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
|
Text
932122218_bab6.pdf Download (173kB) |
|
Text
932122218_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
932122218_suratpernyataan.pdf Download (89kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi tentang bagaimana Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Di Mts Nu Joho Pace Kabupaten Nganjuk. Selain itu, penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran disekolah mampu meningkatkan sikap dan akhlak siswa MTs NU JOHO. Dalam peneliti ini, peneliti mengkaji secara mendalam tentang : 1) Perencanaan Pembelajaran Akidah Akhlak UntukMeningkatkan Akhlakul Karimah di MTs Joho Pace. 2) Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlak Untuk Meningkatkan Akhlakul Karimah di MTs Joho Pace. 3. Evaluasi Pembelajaran Akidah Akhlak Untuk Meningkatkan Akhlakul Karimah di MTs Joho Pace. Pendekatan yang dilakukan yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu : observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian bertempat di MTs NU JOHO Pace. Analisis data yang digunakan adalah data model miles dan huberman yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan, member check, dan triangulasi yang meliputi data, metode dan sumber. Hasil penelitian ini adalah : 1) Perencanaan yang dilakukan pada Pembelajaran akidah akhlak di MTs NU JOHO meliputi analisis kebutuhan bahan ajar, analisis sumber belajar, analisis karakter siswa setelah itu melakukan pemilihan dengan menentukan metode pembelajaran yang dilaksanakan. Guru atau pelaku pembelajaran menyiapkan seraingkaian perangkat pembelajaran seperti RPP, silabus, jurnal guru, dll. 2) Pelaksanaan terdapat 3 Metode pembelajaran yaitu Pertama, menggunakan media teknologi seperti video pembelajaran ataupun menggunakan media proyektor sebagai bahan ajar. Kedua,Metode Ceramah. Ketiga, Metode Cerita. 3) Evaluasi yang dilaksanakan yaitu mengadakan ulangan harian, jadi sejauh mana siswa memahami pelajaran akidah akhlak yang telah diajarkan dan dijelaskan oleh guru, sehingga dengan adanya ulangan harian guru mengerti seberapa jauh siswa memahami pelajaran akidah akhlak dengan patokan nilai siswa, serta pengerjaan soal menggunakan close book(tutup buku). Hasil dari pembelajaran juga bisa dirasakan siswa dan sangat berdampak pada siswa itu sendiri, sekolahan, dan juga masyarakatnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Moch Eriqbay Abdul Muthi |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 06:30 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 09:26 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10274 |
Actions (login required)
View Item |