Chilmi, Illiyyin (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Boba Snake Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Kelas II MIN 1 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932605319_prabab.pdf Download (970kB) |
|
Text
932605319_BAB1.pdf Download (681kB) |
|
Text
932605319_BAB2.pdf Download (384kB) |
|
Text
932605319_BAB3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932605319_BAB4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
932605319_BAB5.pdf Download (199kB) |
|
Text
932605319_daftarpustaka.pdf Download (412kB) |
|
Text
932605319_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
932605319_suratpernyataan.pdf Download (260kB) |
Abstract
Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang menyatukan beberapa mata pelajaran dalam satu kepaduan. pembelajaran tematik yang baik salah satunya adalah pembelajaran yang menggunakan media yang tepat agar pembelajaran menjadi efektif. Pembelajaran di kelas II B MIN 1 Kediri ditemukan sebagian peserta didik yang tidak fokus dan sibuk sendiri saat guru menyampaikan materi. Hal ini dikarenakan kurangnya motivasi karena penggunaan metode yang monoton dan media pembelajaran yang hanya menggunakan buku dan gambar. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media berbasis permainan yang dapat meningkatkan motivasi belajar dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Branch. Dalam model pengembangan ini memiliki lima tahap, yaitu tahap analisis (analyze), tahap desain (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap terakhir tahap evaluasi (evaluation). Instrumen penelititan yang digunakan adalah instrumen angket hasil validasi ahli dan angket motivasi belajar peserta didik. hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran atraktif media Boba Snake. Hasil dari penelitian ini adalah, didasarkan pada hasil validasi ahli media dan ahli materi dengan hasil data rata-rata dari ahli media sebesar 90,5% dengan keterangan layak tanpa revisi. Dan hasil data rata-rata ahli materi sebesar 93,5% dengan keterangan media layak digunakan tanpa revisi. Selanjutnya dengan uji coba peserta didik didapatkan hasil data uji t (paired sample t test) t hitung -15,343 dan t tabel -2,042 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan dari data pretest dan posttest. Dengan melihat hasil rata-rata sebelum menggunakan media (pre test) sebesar 58% dan hasil rata-rata sesudah menggunakan media (posttest) sebesar 71% sehingga ada peningkatan 12,13%. Jumlah peserta didik yang mengalami peningkatan motivasi belajar tinggi ada 9 anak atau 28,1%, jumlah peserta didik dengan motivasi belajar sedang ada 20 anak atau 62,5% dan jumlah peserta didik dengan motivasi belajar rendah ada 3 anak atau 9,4%. Berdasarkan paparan data di atas dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas II B MIN 1 kediri pada pembelajaran tematik berbantu media pengembangan Boba snake.
Actions (login required)
View Item |