Pengembangan Media Kotak Satwa Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Materi Jaring Jaring Makanan Di MI Muhammadiyah 2 Badas Kabupaten Kediri

Mauwinda, Rahma Widari (2023) Pengembangan Media Kotak Satwa Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Materi Jaring Jaring Makanan Di MI Muhammadiyah 2 Badas Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932605719_PRABAB.pdf

Download (918kB)
[img] Text
932605719_BAB1.pdf

Download (379kB)
[img] Text
932605719_BAB2.pdf

Download (181kB)
[img] Text
932605719-BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text
932605719_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932605719-BAB5.pdf

Download (53kB)
[img] Text
932605719-DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (73kB)
[img] Text
932605719_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
932605719_SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN.pdf

Download (211kB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan sarana yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Melihat hasil belajar peserta didik yang cenderung rendah menunjukkan adanya kekurangan dalam pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampikan. Terlihat dari hasil belajar mata pelajaaran IPA pada kelas Vdi MI Muhammadiyah 2 Badas yang rendah diakibatkan oleh kurangnya media yang digunakan pendidik dalam menyampaikan materi. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilakukan dengan menerapkan media pembelajaran yang efektif, salah satunya adalah media kotak satwa interaktif. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) mengembangkan media kotak satwa interaktif pada materi jaring-jaring makanan di kelas V, (2) mengetahui kevalidan media kotak satwa interaktif yang dikembangkan, (3) mengetahui keefektifan media kotak satwa interaktif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V di MI Muhammadiyah 2 Badas. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE . Penelitian ini dilaksanakan diMI Muhammdiyah 2 Badas kabupaten Kediri dengan subjek penelitian kelas V dengan jumlah 24 peserta didik. Hasil dari pengembanganini menunjukkan bahwa (1) Peserta didik memerlukan media pembelajaran agar hasil belajar mereka lebih baik, oleh sebab itu peneliti mengembangkan media kotak satwa interaktif yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku, kebutuhan serta karakteristik peserta didik.(2) Hasil validasi media memperoleh persentase sebesar 92,5%, untuk validasi materi memperoleh persentase sebesar 91%,dan untuk validasi soal memperoleh persentase sebesar 97,5% dengan kategori sangat valid dan layak untuk digunakan. Hasil angket respon peserta didikkelompokkecil memperoleh persentase sebesar 95%, danuji coba kelompok besar memperoleh persentase sebesar 96,8% dengan kriteria sangat valid. (3) Hasil pretest dan posttest kelompok kecil memperoleh nilai 0,90 dengan kategori tinggi atau90,74% dengan kategori efektif. Sedangkan,hasil pretest dan posttest kelompok besar memperoleh nilai sebesar 0,79 dengankategori tinggi atau 79,4%dengan kategori efektif. Dengan demikian, media yang dikembangkandalam penelitian iniefektif dalam meningkakaan hasil belajar peserta didik kelas V di MI Muhammadiyah 2 Badas kabupaten Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rahma Widari Mauwinda
Date Deposited: 04 Oct 2023 06:28
Last Modified: 04 Oct 2023 06:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10244

Actions (login required)

View Item View Item