Pengembangan Buku Ajar Ipas (Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial) Materi Perkembangbiakan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Plus Ar-Rahman Kota Kediri

Naimah, Naimah (2023) Pengembangan Buku Ajar Ipas (Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial) Materi Perkembangbiakan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Plus Ar-Rahman Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932611919_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932611919_bab1.pdf

Download (497kB)
[img] Text
932611919_bab2.pdf

Download (429kB)
[img] Text
932611919_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img] Text
932611919_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932611919_bab5.pdf

Download (413kB)
[img] Text
932611919_daftarpustaka.pdf

Download (317kB)
[img] Text
932611919_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Naimah, Dosen Pembimbing Ratna Wahyu Wulandari, M.Pd. dan Erika Puspitasari, M.Pd. Pengembangan Buku Ajar IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial) Materi Perkembangbiakan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Plus Ar-Rahman Kota Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, 2023. Kata Kunci: Pengembangan Buku Ajar, Kelayakan, Keefektifan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan buku ajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) materi perkembangbiakan tumbuhan kelas IV SD Plus Ar-Rahman Kota Kediri. Buku ajar yang digunakan adalah buku ajar cetak yang dibuat pada program aplikasi Canva. Subjek uji coba yang diambil pada siswa kelas IV SD Plus Ar-Rahman Kota Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan pada uji coba kelompok kecil mendapat presentase 93%, sedangkan pada uji coba kelompok besar mendapat presentase sebesar 94%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan buku ajar layak untuk digunakan pada peserta didik kelas IV. Kelayakan pada buku ajar ini dibuktikan dengan hasil analisis data dari lembar validasi ahli media I yang mendapatkan presentase kelayakan sebesar 93% dan ahli media II mendapatkan presentase sebesar 91%, yang artinya buku ajar tersebut sangat layak untuk digunakan. Sedangkan untuk mengetahui keefektifan buku ajar ini diketahui dengan adanya perubahan yang sangat signifikan pada uji yang dilakukan, yaitu pretest dan posttest. Hasil uji ini dihitung rata-rata N-Gain score. Pada perhitungan ini mendapatkan hasil sebesar 78% dengan kriteria Efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Naimah Naimah
Date Deposited: 04 Oct 2023 07:52
Last Modified: 04 Oct 2023 07:52
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10235

Actions (login required)

View Item View Item