Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Strategi Contextual Teaching And Learning Di Mts Nurul Islam Kota Kediri

Shobirin, Ainun (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Strategi Contextual Teaching And Learning Di Mts Nurul Islam Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932124819_prabab.pdf

Download (931kB)
[img] Text
932124819_bab 1.pdf

Download (274kB)
[img] Text
932124819_bab 2.pdf

Download (109kB)
[img] Text
932124819_bab 3.pdf

Download (215kB)
[img] Text
932124819_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
932124819_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
932124819_bab 6.pdf

Download (112kB)
[img] Text
932124819_daftarpustaka.pdf

Download (135kB)
[img] Text
932124819_Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (113kB)

Abstract

ABSTRAK Ainun Shobirin, Dosen Pembimbing Dr. Iskandar Tsani, M.Ag. dan Dr. Husnul Khotimah, M.Pd.I. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Strategi Contextual Teaching And Learning di MTs Nurul Islam Kota Kediri. Skripsi, Program Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata kunci: Contextual Teaching And Learning, Hasil Belajar Dalam dunia pendidikan terdapat banyak sistem pembelajaran dan strategi salah satunya strategi Contextual Teaching And Learning. Dimana strategi pembelajaran yang dapat di gunakan dalam mengembangkan kemampuan berpikir peserta didik atau pengembangan intelektual dalam kehidupan yang nyata. Mengembangkan sifat ingin tahu peserta didik melalui memunculkan pertanyaan�pertanyaan. Peserta didik melalui strategi ini bisa menciptakan masyarakat belajar seperti melalui kegiatan kelompok berdiskusi, tanya jawab, dan lain-lain. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran dengan strategi Contextual Teaching And Learning dalam meningkatkan hasil belajar. (2) Untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan Contextual Teaching And Learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas,dan melalui pendekatan kualitatif yaitu data yang di peroleh langsung melalui penelitian lapangan dengan mengamati perubahan yang di alami dalam lingkungan kelas dan dampak yang di peroleh dari fokus penelitian. Penelitian ini di lakukan di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Kota Kediri, dan dalam pengambilan data melaui Penelitian Tindakan Kelas dengan proses perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data, mengolah data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka penulis dapat mengambil sebuah kesimpulan : (1) Penerapan pembelajaran dengan strategi Contextual Teaching And Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa dilakukan dengan 2 siklus, masing-masing siklus dilakukan mengalami peningkatan dalam prosesnya sehingga memperoleh hasil yang signifikan. (2) Pengaruh peserta didik setelah menggunakan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning anak sudah mampu mengimplementasikan, dan mengkaitkan materi yang disampaikan serta mampu diterapkan dalam kehidupanya sehari-hari serta siswa lebih aktif berdiskusi serta (mendiskusikan materi) dengan teman sebaya, dan penyampaian ide atau pendapat sudah jelas

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ainun Shobirin
Date Deposited: 05 Oct 2023 06:14
Last Modified: 05 Oct 2023 06:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10229

Actions (login required)

View Item View Item