Perilaku Komunikasi Para Penggemar Korean Musik Boyband “BTS” Di Komunitas Army Kota Kediri

Lawahizh, Rhesvinnya Farras Wishal (2023) Perilaku Komunikasi Para Penggemar Korean Musik Boyband “BTS” Di Komunitas Army Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933505916_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933505916_bab1.pdf

Download (456kB)
[img] Text
933505916_bab2.pdf

Download (454kB)
[img] Text
933505916_bab3.pdf

Download (345kB)
[img] Text
933505916_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img] Text
933505916_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text
933505916_bab6.pdf

Download (300kB)
[img] Text
933505916_daftarpustaka.pdf

Download (403kB)
[img] Text
933505916_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)

Abstract

ABSTRAK RHESVINNYA LAWAHIZH FARRAS WISHAL, Dosen Pembimbing, Siti Amanah M,Si, Gigih Wahyu Pratomo, M.A: Perilaku Komunikasi Para Penggemar Boyband “BTS” Di Komunitas ARMY Kota Kediri. Komunikasi dan Penyiaran Islam, Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri 2023. Kata Kunci: Perilaku, Komunikasi, Kpop, Efek Penelitian ini dilatar belakangi kenyataan bahwa setiap komunitas dalam setiap penggemar Korean musik (Kpop) memiliki perilaku komunikasi atau karakter masingmasing. Perilaku komunikasi dapat membentuk suatu tindakan ataupun respon yang terjadi dalam proses komunikasi, baik itu berupa respon secara verbal maupun non verbal pada tingkah laku seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku komunikasi para penggemar Korean musik boyband BTS di komunitas ARMY Kota Kediri dan efek dari penggunaan media dalam proses komunikasi antar para penggemar Korean musik BTS di komunitas ARMY Kota Kediri. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan, menangkap secara menyeluruh dan mendalam jawaban dari persoalan yang diteliti. Lokasi dalam penelitian ini adalah di Kota Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik wawancara menggunakan interview guide dan obsevasi lapangan non participant. Penelitian ini menggunakan pendekatan grounded research/theory, dan didasari teori komunikasi, konsep teori perilaku komunikasi verbal dan non verbal, serta teori efek penggunaan media dalam proses komunikasi. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah perilaku komunikasi para penggemar Korean musik boyband BTS di komunitas ARMY Kota Kediri terdapat beberapa temuan penelitian yaitu, pada perilaku komunikasi verbal adanya perilaku berkomentar, bernyanyi, berdiskusi, berbagi informasi di media sosial. Sementara itu, pada perilaku komunikasi non verbal terlihat pada ativitas streaming ataupun mengunduh lagu, menunjukkan ekspresi, menggerakan tubuh, menirukan gaya berpakaian ataupun gaya potongan dan warna rambut, serta mencari terjemahan lagu, menumbuhkan rasa solidaritas antar sesama dengan adanya acara amal yang dilakukan. Efek dari penggunaan media memicu adanya segala pembicaraan mengenai boyband BTS lebih banyak dilakukan melalui media sosial. Dari penelitian ini, peneliti berharap adanya kajian yang lebih mendalam mengenai perilaku mengonsumsi produk budaya populer dan nilai budaya, agama dan sosial yang dianut oleh penggemar Kpop.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rhesvinnya Lawahizh Farras Wishal
Date Deposited: 02 Oct 2023 07:28
Last Modified: 02 Oct 2023 07:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10211

Actions (login required)

View Item View Item