Mukhsiani, Desi (2023) Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMA Negeri 1 Gurah Dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Pada Materi Turunan Yang Berbasis Higher Order Thinking Skill. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932302419_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932302419_bab1.pdf Download (110kB) |
|
Text
932302419_bab2.pdf Download (122kB) |
|
Text
932302419_bab3.pdf Download (73kB) |
|
Text
932302419_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932302419_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
|
Text
932302419_bab6.pdf Download (44kB) |
|
Text
932302419_daftarpustaka.pdf Download (55kB) |
|
Text
932302419_Sp.pdf Download (381kB) |
Abstract
Sejatinya kemampuan berpikir aljabar serta kemampuan berpikir tingkat tinggi saling berhubungan. Hal ini dikarenakan kegiatan-kegiatan dalam kemampuan berpikir aljabar dapat dikategorikan telah memenuhi indikator kemampuan berpikir tingkat tinggi. Apalagi pemerintah sekarang ini sedang menggencarkan pemberian soal-soal yang berbasis Higher Order Thinking Skill. Hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti, guru di SMA Negeri 1 Gurah memberikan soal-soal pengayaan untuk mendukung kemampuan berpikir tingkat tinggi. Namun, terdapat fakta yaitu pada hasil wawancara dengan salah satu guru matematika di SMA Negeri 1 Gurah, menyatakan bahwa 33% siswa pada hasil belajar materi turunan masih dibawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan kemampuan berpikir aljabar siswa SMA Negeri 1 Gurah dalam menyelesaikan masalah matematis yang berbasis Higher Order Thinking Skill pada materi turunan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data yang dikumpulkan berupa hasil tes tertulis dan wawancara. Instrumen pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah soal tes tertulis dan pedoman wawancara. Subjek penelitian berjumlah 6 orang dari 27 siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Gurah pada tahun pelajaran 2022/2023. Peneliti mengambil 6 subjek yang mewakili tingkat pengelompokan kemampuan berpikir aljabar, dengan masing-masing 2 subjek untuk tingkat tinggi, sedang, dan rendah. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 51,85% subjek penelitian memiliki kemampuan berpikir aljabar tingkat tinggi, 14,81% subjek penelitian memiliki kemampuan berpikir aljabar tingkat sedang, dan 33,33% subjek penelitian memiliki kemampuan berpikir aljabar tingkat rendah dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skill. Subjek dengan kemampuan berpikir aljabar tingkat tinggi, telah memenuhi semua indikator yaitu 6 indikator kemampuan berpikir aljabar dalam menyelesaikan masalah matematis yang berbasis Higher Order Thinking Skill. Selanjutnya subjek dengan kemampuan berpikir aljabar tingkat sedang, memenuhi 3 indikator kemampuan berpikir aljabar yaitu menggunakan strategi dalam pemecahan masalah, mencari beragam pendekatan atau solusi dan menafsirkan informasi dalam representasi. Subjek dengan kemampuan berpikir aljabar tingkat rendah, tidak mampu untuk memenuhi semua indikator kemampuan berpikir aljabar. Oleh karena itu, sebagai seorang guru seharusnya dalam pembelajaran lebih mengembangkan kemampuan berpikir aljabar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0101 Pure Mathematics (Matematika Murni) > 010101 Algebra and Number Theory (Aljabar dan Teori Bilangan) 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Desi Mukhsiani |
Date Deposited: | 23 Oct 2023 04:04 |
Last Modified: | 08 Dec 2023 02:39 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10173 |
Actions (login required)
View Item |