Strategi Guru PAI Dalam Mengembangkan Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk (Studi Kasus Di Kelas XII IPS 2 SMA Muhammadiyah 9 Brondong Kabupaten Lamongan)

Awwali, Hengki Danang (2023) Strategi Guru PAI Dalam Mengembangkan Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk (Studi Kasus Di Kelas XII IPS 2 SMA Muhammadiyah 9 Brondong Kabupaten Lamongan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932110419_prabab.pdf

Download (875kB)
[img] Text
932110419_bab1.pdf

Download (123kB)
[img] Text
932110419_bab2.pdf

Download (240kB)
[img] Text
932110419_bab3.pdf

Download (45kB)
[img] Text
932110419_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
932110419_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
932110419_bab6.pdf

Download (35kB)
[img] Text
932110419_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932110419_sp.pdf

Download (407kB)

Abstract

Awwali, Hengki Danang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Syamsul Huda, M.Ag (II) Dr. Najihatul Fadhliyah, S.HI., M.Pd.I. Strategi Guru PAI dalam Mengembangkan Pembelajaran Berbasis Keceerdasan Majemuk (Studi Kasus di Kelas XII IPS 2 SMA Muhammadiyah 9 Brondong Kabupaten Lamongan), Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. 2023. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Pembelajaran PAI, Kecerdasan Majemuk Setiap individu di dunia ini berhak mengenyam dan merasakan atmosfir pendidikan semasa hidupnya, tak terkecuali Negeri kita tercinta yaitu Indonesia. Dengan adanya pendidikan diharapkan peserta didik mampu mengembangkan kepribadian yang cerdas, berakhlak mulia, dan memiliki keterampilan untuk dirinya sendiri maupun lingkungan sekitar serta dapat meneruskan tongkat estafet cita-cita generasi terdahulu dengan kepribadian yang cerdas dan berkualitas dengan memanfaatkan kemajuan yang ada dengan sebaik mungkin. Setiap peserta didik juga memiliki kecerdasan masing-masing sesuai dengan keahliannya seperti yang dikatakan Howard Gardner. Guru sebagai mediator yang dapat mengupayakan memenuhi kecerdasan peserta didik melalui kegiatan pembelajaran dengan berbagai macam pendekatan. maka dari itu, guru harus mampu untuk menentukan pengembangan strategi pembelajaran dari kesembilan kecerdasan yang ada dalam setiap pertemuan pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan guru PAI dalam pengembangan pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk. 2) Bagaimana strategi guru PAI dalam pengembangan pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk. 3) Bagaimana evaluasi guru PAI dalam pengembangan pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif berjenis studi kasus dengan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi dari waka kurikulum, guru PAI terkhusus guru PAI kelas XII IPS 2, dan beberapa siswa dari kelas XII IPS 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Perencanaan pengembangan pembelajaran PAI berbasis kecerdasan majemuk meliputi; mengenali kecerdasan majemuk siswa dengan mengamati siswa di kelas dan di luar kelas yang berupa observasi untuk mengetahui kecerdasan siswa. Selanjutnya menyusun silabus dan rencana perangkat pembelajaran yang berisi prosedur aktivitas pembelajaran, strategi, dan metode yang sesuai dengan siswa dan yang terakhir mempersiapkan media pendukung pembelajaran PAI berbasis kecerdasan majemuk. 2) Strategi pengembangan pembelajaran PAI berbasis kecerdasan majemuk dilakukan dengan kegiatan untuk memberikan apersepsi dan motivasi berupa kegiatan warmer dengan mengulang materi sebelumnya, pre-teach dengan memberikan penjelasan awal terhadap materi pembelajaran, dan scene setting dengan pemberian konsep awal terhadap materi pembelajaran. Sedangkan dalam kegiatan pembelajaran siswa difasilitasi untuk belajar sesuai dengan jenis kecerdasan, yaitu verbal-linguistik, matematis-logis, visual-spasial, jasmani-kinestetik, musikal, interpersonal, intrapersonal, naturalistik, dan eksistensial. 3) Evaluasi pengembangan pembelajaran PAI berbasis kecerdasan majemuk meliputi; penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hengki Danang Awwali
Date Deposited: 29 Sep 2023 06:46
Last Modified: 08 Dec 2023 02:52
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10157

Actions (login required)

View Item View Item