PENGARUH PENGETAHUAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG DI BANK SYARIAH (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Kediri Angkatan 2020)

Muthoharoh, Isnaini Ainun (2023) PENGARUH PENGETAHUAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG DI BANK SYARIAH (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Kediri Angkatan 2020). Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
931412918_PRABAB.pdf

Download (558kB)
[img] Text
931412918_BAB1.pdf

Download (466kB)
[img] Text
931412918_BAB2.pdf

Download (357kB)
[img] Text
931412918_BAB3.pdf

Download (678kB)
[img] Text
931412918_BAB4.docx
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text
931412918_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
931412918_BAB6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
931412918_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (354kB)
[img] Text
931412918_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi 2.pdf

Download (147kB)

Abstract

Bank syariah adalah lembaga yang sistem operasionalnya menggunakan prinsip-prinsip dasar sesuai syariah. Di dalam melakukan keputusan menabung, seseorang diharuskan memiliki tingkat pengetahuan akan produk yang akan digunakan. Pengetahuan merupakan dasar yang harus dimiliki setiap individu di dalam melakukan keputusan pembelian, dengan memiliki pengetahuan akan suatu produk seseorang dapat dengan mudah mengambil keputusan sesuai dengan apa yang mereka minati. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengetahuan terhadap keputusan nasabah menabung di bank syariah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, teknik analisis data menggunakan SPSS 21 dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Dalam penelitian ini populasi sebesar 108 mahasiswa dengan sampel yang digunakan adalah 85 mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Kediri Angkatan 2020 dengan kriteria tertentu yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel X (Pengetahuan) dan variabel Y (Keputusan Nasabah) masing-masing berada dalam kategori “cukup baik”. Selanjutnya, terdapat korelasi dengan taraf “sedang” yang ditunjukkan dengan memperoleh nilai 0,548 yang berarti terdapat hubungan antara kedua variabel. Sedangkan, uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa nilai R square sebesar 0,301, yang mana memberi arti bahwa ada pengaruh Pengetahuan terhadap keputusan nasabah sebesar 30,1% sedangkan sisanya sejumlah 69,9% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak di ikutkan didalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Isnaini Ainun Muthoharoh
Date Deposited: 12 Oct 2023 04:39
Last Modified: 12 Oct 2023 04:39
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10139

Actions (login required)

View Item View Item