Tunnisa, Yuliaadin Areza (2023) Pengaruh Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTs Nurul Islam Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932106919_Prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932106919_BAB I.pdf Download (459kB) |
|
Text
932106919_BAB II.pdf Download (345kB) |
|
Text
932106919_BAB III.pdf Download (668kB) |
|
Text
932106919_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (691kB) |
|
Text
932106919_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) |
|
Text
932106919_BAB VI.pdf Download (299kB) |
|
Text
932106919_Daftar Pustaka.pdf Download (430kB) |
|
Text
932106919_Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
932106919_sp.pdf Download (383kB) |
Abstract
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan lokasi penelitiannya di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Kota Kediri. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 siswa yang diambil melalui teknik proportional strafied random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan linearitas. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi Product Moment dengan menggunakan bantuan SPSS for Windows 19 version. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Minat baca siswa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Nurul Islam Kota Kediri, yaitu dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 71.50 dan standar deviasi sebesar 8.482, dengan menggunakan mean dan standar deviasi, peneliti membuat pedoman kategorisasi 0,60 – 0,799 dapat diartikan tinggi/besar dengan real score dan didapatkan nilai rata-rata sebesar 71.50. Kemudian digolongkan ke dalam score yang dikategorikan tinggi dengan nilai sebesar 71,50 %, (2) Prestasi belajar siswa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Nurul Islam Kota Kediri dikategorikan tinggi dengan rata-rata (mean) sebesar 79,39 %, (3) Minat baca berpengaruh besar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Nurul Islam Kota Kediri, menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima karena dapat dibuktikan dari nilai rhitung sebesar 0,838 > rtabel 0,195 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang < 0,05. Oleh karena itu, dapat dikatakan minat baca (variabel X) berpengaruh besar terhadap prestasi belajar (variabel Y) yaitu sebesar 83,8% dan sisanya 16,2% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yuliasdin Areza Tunisa |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 08:27 |
Last Modified: | 08 Dec 2023 02:33 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10130 |
Actions (login required)
View Item |