Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN Ngusikan Jombang

Sunjaya, Manora Irfa (2023) Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN Ngusikan Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932133919_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932133919_bab1.pdf

Download (239kB)
[img] Text
932133919_bab2.pdf

Download (270kB)
[img] Text
932133919_bab3.pdf

Download (628kB)
[img] Text
932133919_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
932133919_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
932133919_bab6.pdf

Download (90kB)
[img] Text
932133919_daftarpustaka.pdf

Download (347kB)
[img] Text
932133919_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB)
[img] Text
932133919_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (55kB)

Abstract

Pendidikan tidak lepas dari peran guru dalam menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, salah satunya dengan memanfaatkan media pembelajaran. Hal ini dilatar belakangi oleh sarana prasarana di lokasi penelitian yang masih belum maksimal. Sehingga perlu adanya peran guru dalam memaksimalkan sarana dan prasarana tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran audio visual efektif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Ngusikan Jombang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Pengumpulan data untuk penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test yang kemudian akan dibandingkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajarnya. Hasil penelitian ini yaitu kelas eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan dari nilai pre test 66,03 dan nilai post test 83,95 sehingga kenaikan hasil belajar 17,92% dan kelas kontrol mengalami kenaikan sebesar 9,79% dari hasil pre test 67,08 dan post test sebesar 76,87. Selain itu untuk mengukur efektifitas penggunaan media pembelajaran audio visual dengan menggunakan n-gain di kelas eksperimen sebesar 0,501 (termasuk kategori sedang) dan di kelas kontrol sebesar 0,215 (termasuk dalam kategori rendah). Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual dengan perbedaan rata-rata untuk nilai post test sebesar 9,21%.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Manora Irfa' Sunjaya
Date Deposited: 29 Sep 2023 06:50
Last Modified: 02 Oct 2023 01:41
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10121

Actions (login required)

View Item View Item