Ningtiyas, Refisafitasari Yulia (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi Pada Model Discovery Learning Dengan Berbantuan Media Manipulatif PARAS Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Geometri Transformasi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932309018_Prabab.pdf Download (859kB) |
|
Text
932309018_Bab1.pdf Download (332kB) |
|
Text
932309018_Bab2.pdf Download (498kB) |
|
Text
932309018_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
|
Text
932309018_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (635kB) |
|
Text
932309018_Bab5.pdf Download (226kB) |
|
Text
932309018_Daftarpustaka.pdf Download (248kB) |
|
Text
932309018_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
932309018_Lembarpernyataan.pdf Download (261kB) |
Abstract
Di era ini, kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih tergolong rendah. Hal tersebut dikarenakan proses pembelajaran masih dilakukan secara satu arah, selain itu media yang digunakan tidak menstimulasi kemampuan siswa dalam mencari suatu konsep. Umumnya sebagian besar LKPD tidak dikaitkan dengan permasalahan kontekstual yang sering ditemui oleh siswa. Sehingga diperlukan solusi dengan mengembangkan suatu media yang cocok bagi siswa melalui LKPD yang berorientasi pada model pembelajaran guna memfasilitasi siswa dalam mengkonstruksi sendiri pengetahuan melalui proses penemuan konsep. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan penggunaan LKPD yang berorientasi model discovery learning pada materi geometri transformasi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. LKPD ini dikembangkan dengan berorientasi pada model pembelajaran discovery learning dengan berbantuan media manipulatif origami yang diberi nama PARAS (paper transformation shuriken). Sampel pada penelitian ini yaitu 25 siswa kelas IX B MTs Sunan Giri Kabupaten Kediri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar validasi ahli, validasi angket praktisi, angket respon siswa, dan soal penanaman konsep untuk siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan produk adalahsangat layak dengan presentase berdasarkan ahli media dan berdasarkan ahli materi. Tingkat keefektifan diperoleh dari rata-rata nilai akhir tes yaitu dengan kategori baik, dengan penilaian setiap indikator pemahaman konsep yaitu untuk menyatakan ulang sebuah konsep, untuk menyatakan dan menyajikan konsep dalam berbagai representasi matematika, untuk menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu, serta untuk mengaplikasikan suatu konsep. Tingkat kepraktisan media adalah dengan kategori sangat praktis menurut praktisi lapangan dan skor dalam kategori praktis berdasarkan angket respon siswa. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran LKPD memenuhi kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan dalam memfasilitasi pemahaman konsep. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Discovery learning, Pemahaman Konsep Matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Refisafitasari Yulia Ningtiyas |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 03:28 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 03:28 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10111 |
Actions (login required)
View Item |