Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MAN 1 Kota Kediri

Hanifah, Husna (2023) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MAN 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932104119_prabab.pdf

Download (573kB)
[img] Text
932104119_bab 1.pdf

Download (434kB)
[img] Text
932104119_bab 2.pdf

Download (448kB)
[img] Text
932104119_bab 3.pdf

Download (340kB)
[img] Text
932104119_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img] Text
932104119_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
932104119_bab 6.pdf

Download (191kB)
[img] Text
932104119_daftar pustaka.pdf

Download (396kB)
[img] Text
932104119_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)

Abstract

HUSNA HANIFAH, Dosen Pembimbing (1) Dr. Alim Khoiri, M.Sy., (2) Maimunatun Habibah, M.Pd.I. Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Upaya Guru, Minat Belajar, Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar sangatlah diperlukan. Masih banyak guru yang mengajar dengan menggunakan metode yang monoton. Karakteristik materi pelajaran SKI yang berupa hafalan masih dikeluhkan oleh siswa, minat belajar peserta didik terhadap materi pelajaran SKI masih terbilang rendah, masih banyak peserta didik yang tidak mendengarkan gurunya karena bosan dengan materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui bagaimana minat siswa terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Kota Kediri. (2) Untuk mengetahui upaya guru SKI dalam meningkatkan minat belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa di MAN 1 Kota Kediri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Kota Kediri. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Penelitian ini diklasifikasikan penelitian kualitatif yang berjenis studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah guru SKI di MAN 1 Kota Kediri dan siswa MAN 1 Kota Kediri. Sedangkan analisis data dengan langkah-langkah, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan,triangulasi dan mengadakan member checking. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Kondisi minat belajar siswa di MAN 1 Kota Kediri sangat bervariasi. Hal ini disebabkan ada faktor internal maupun eksternal. Kondisi minat belajar siswa bisa dilihat dari hasil belajar dan respon siswa pada saat pembelajaran. (2) Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Kota Kediri yaitu: dengan memilih strategi, media, dan metode pembelajaran yang tepat.agar penyampaian materi pembelajaran lebih efektif dan efisien. Serta melakukan pendekatan yang sesuai agar bisa lebih memahami kondisi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Husna Hanifah
Date Deposited: 21 Sep 2023 07:54
Last Modified: 21 Sep 2023 07:54
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10090

Actions (login required)

View Item View Item