Analisis Kompetensi Guru Fiqih Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di MTsN 9 Nganjuk

Alfarikhah, Atiqotul Maula (2023) Analisis Kompetensi Guru Fiqih Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di MTsN 9 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932118119_prabab.pdf

Download (6MB)
[img] Text
932118119_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932118119_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932118119_bab3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932118119_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
932118119_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932118119_bab6.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932118119_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lembar pernyataan Atiqa.pdf

Download (195kB)

Abstract

Alfarikhah,AtiqotulMaula.DosenPembimbingMoh.ZainalFanani,M.Pd.I.dan SheilaFakhria,M.H.AnalisisKompetensiGuruFiqihDalam Implementasi Kurikulum MerdekaDiMTsN 9Nganjuk.Skripsi,PendidikanAgamaIslam, FakultasTarbiyah,IAINKediri.2023. Katakunci:KompetensiGuruFiqih,ImplementasiKurikulumMerdeka Penelitianinidilatarbelakangiolehkendalakompetensigurufiqihdalam implemetasikurikulum merdekayangbaruditerapkandiMTsN9Nganjuk.Karena itupenulisinginmendalamitentangkompetensigurufiqihdalam implemetasi kurikulum merdekadiMTsN 9Nganjuk.Sehinggapenelitianinimemilikitujuan penelitian:1)Untukmendeskripsikanbagaimanakompetensipedagogisgurufiqih dalam implementasi kurikulum merdeka di MTsN 9 Nganjuk. 2) Untuk mendeskripsikanbagaimanakompetensiprofesionalgurufiqihdiMTsN9Nganjuk. 3)Untukmenganalisiskendalagurufiqihdalam implementasikurikulum merdekadi MTsN9Nganjuk. Pendekatanyangdigunakandalam penelitianiniadalahpendekatankualitatif denganjenispenelitianstudikasuskarenabertujuanuntukmengetahuiKompetensi guruFiqihdalam implementasikurikulum merdekadiMTsN 9Nganjuk.Adapun teknikpengumpulandatamelaluiobservasi,wawancara,dandokumentasi.Agar penelitianberjalandenganbaikmakaprosesanalisisdatadilakukanmenggunakan tiga teknikyaitu reduksidata,penyajian data,dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.Sedangkanuntukmengecekkeabsahandatayaitudenganperpanjangan pengamatan,meningkatkanketekunan,dantriangulasi. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa1)kompetensipedagogikgurufiqih dalam implementasikurikulum merdekadiMTsN9Nganjukberadadalam kategori cukup baik. karena sebagian indikator penilaian telah terpenuhi meliputi: PemahamanKarakteristikpesertadidikdariaspekfisik,moral,sosial,emosional, danintelektual,pemahamanteoridanprinsip-prinsipyangmendidik,kemampuan mengembangkankurikulum,kemampuandalam menyelenggarakanpemebelajaran, kemampuan dalam menyelenggarakan penilaian dan evaluasi.2)kompetensi profesionalgurufiqihdalam implementasikurikulum merdekadiMTsN9Nganjuk berada dalam kategoricukup baik.Karena sebagian indikatorpenilaian telah terpenuhimeliputi:penguasaanmateri,strukturkonsepdanpolapikirkeilmuan, penguasaan standar kompetensi dan kompetensi dasar, mengembangkan keprofesionalansecaraberkelanjutandengantindakanreflektif,kemampuandalam memanfaatkanteknologiinformasidankomunikasiuntukmengembangkandiri.3) Kendaladalam implementasikurikulum merdekadiMTsN 9Nganjukmeliputi: kurangnya keterampilan dalam menggunakan media pembelajaran,kurangnya sosialisasidarikemenag,kesulitandalam pemilihanmetodeterkaitperangkatajar, kurangnyaketerampilandalammenggunakanteknologiinformasidankomunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atiqotul Maula Alfarikhah
Date Deposited: 21 Sep 2023 06:12
Last Modified: 21 Sep 2023 06:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10086

Actions (login required)

View Item View Item