Alfarikhah, Atiqotul Maula (2023) Analisis Kompetensi Guru Fiqih Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di MTsN 9 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932118119_prabab.pdf Download (6MB) |
|
Text
932118119_bab1.pdf Download (1MB) |
|
Text
932118119_bab2.pdf Download (1MB) |
|
Text
932118119_bab3.pdf Download (1MB) |
|
Text
932118119_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
932118119_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932118119_bab6.pdf Download (1MB) |
|
Text
932118119_daftarpustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text
Lembar pernyataan Atiqa.pdf Download (195kB) |
Abstract
Alfarikhah,AtiqotulMaula.DosenPembimbingMoh.ZainalFanani,M.Pd.I.dan SheilaFakhria,M.H.AnalisisKompetensiGuruFiqihDalam Implementasi Kurikulum MerdekaDiMTsN 9Nganjuk.Skripsi,PendidikanAgamaIslam, FakultasTarbiyah,IAINKediri.2023. Katakunci:KompetensiGuruFiqih,ImplementasiKurikulumMerdeka Penelitianinidilatarbelakangiolehkendalakompetensigurufiqihdalam implemetasikurikulum merdekayangbaruditerapkandiMTsN9Nganjuk.Karena itupenulisinginmendalamitentangkompetensigurufiqihdalam implemetasi kurikulum merdekadiMTsN 9Nganjuk.Sehinggapenelitianinimemilikitujuan penelitian:1)Untukmendeskripsikanbagaimanakompetensipedagogisgurufiqih dalam implementasi kurikulum merdeka di MTsN 9 Nganjuk. 2) Untuk mendeskripsikanbagaimanakompetensiprofesionalgurufiqihdiMTsN9Nganjuk. 3)Untukmenganalisiskendalagurufiqihdalam implementasikurikulum merdekadi MTsN9Nganjuk. Pendekatanyangdigunakandalam penelitianiniadalahpendekatankualitatif denganjenispenelitianstudikasuskarenabertujuanuntukmengetahuiKompetensi guruFiqihdalam implementasikurikulum merdekadiMTsN 9Nganjuk.Adapun teknikpengumpulandatamelaluiobservasi,wawancara,dandokumentasi.Agar penelitianberjalandenganbaikmakaprosesanalisisdatadilakukanmenggunakan tiga teknikyaitu reduksidata,penyajian data,dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.Sedangkanuntukmengecekkeabsahandatayaitudenganperpanjangan pengamatan,meningkatkanketekunan,dantriangulasi. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa1)kompetensipedagogikgurufiqih dalam implementasikurikulum merdekadiMTsN9Nganjukberadadalam kategori cukup baik. karena sebagian indikator penilaian telah terpenuhi meliputi: PemahamanKarakteristikpesertadidikdariaspekfisik,moral,sosial,emosional, danintelektual,pemahamanteoridanprinsip-prinsipyangmendidik,kemampuan mengembangkankurikulum,kemampuandalam menyelenggarakanpemebelajaran, kemampuan dalam menyelenggarakan penilaian dan evaluasi.2)kompetensi profesionalgurufiqihdalam implementasikurikulum merdekadiMTsN9Nganjuk berada dalam kategoricukup baik.Karena sebagian indikatorpenilaian telah terpenuhimeliputi:penguasaanmateri,strukturkonsepdanpolapikirkeilmuan, penguasaan standar kompetensi dan kompetensi dasar, mengembangkan keprofesionalansecaraberkelanjutandengantindakanreflektif,kemampuandalam memanfaatkanteknologiinformasidankomunikasiuntukmengembangkandiri.3) Kendaladalam implementasikurikulum merdekadiMTsN 9Nganjukmeliputi: kurangnya keterampilan dalam menggunakan media pembelajaran,kurangnya sosialisasidarikemenag,kesulitandalam pemilihanmetodeterkaitperangkatajar, kurangnyaketerampilandalammenggunakanteknologiinformasidankomunikasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atiqotul Maula Alfarikhah |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 06:12 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 06:12 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10086 |
Actions (login required)
View Item |