Efektifitas Model Pembelajaran STAD Berbantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Peluang Siswa Kelas VIII Mts Sunan Ampel

Uzma, Nadia Akrima Maulidya (2023) Efektifitas Model Pembelajaran STAD Berbantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Peluang Siswa Kelas VIII Mts Sunan Ampel. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932305119_prabab.pdf

Download (20MB)
[img] Text
932305119_bab1.pdf

Download (457kB)
[img] Text
932305119_bab2.pdf

Download (701kB)
[img] Text
932305119_bab3.pdf

Download (565kB)
[img] Text
932305119_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
932305119_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text
932305119_bab6.pdf

Download (410kB)
[img] Text
932305119_daftarpustaka.pdf

Download (310kB)

Abstract

Uzma, Nadia Akrima Maulidya. Dosen Pembimbing Muhammad Khoiril Akhyar, M.Pd dan Dwi Shinta Rahayu, M.Pd, “Efektifitas Model Pembelajaran STAD Berbantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Peluang Siswa Kelas VIII Mts Sunan Ampel”, Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2023. Kata kunci : Model Pembelajaran STAD, Alat Peraga, Hasil Belajar Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk 1) mengetahui implementasi model pembelajaran STAD berbantuan alat peraga putaran peluang, 2) mengetahui keefektivan penerapan model pembelajaran STAD berbantuan alat peraga putaran peluang terhadap hasil belajar siswa kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen quasi dengan desain Nonequevalent Control Grup Design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen (VIII-A) sebanyak 32 siswa dan kelas kontrol (VIII-B) sebanyak 32 siswa. Instrumen penelitian adalah instrument tes yang terdiri dari pretest dan posttest yang masing-masing terdiri dari 10 soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) implementasi model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa terlaksana dengan baik. Dengan adanya alat peraga putaran peluang ini dapat memberikan suasana baru, menambah motivasi dalam belajar matematika, dan pembelajaran matematika lebih menarik serta tidak membosankan. 2) hasil pretest kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 38,8438 dan hasil posttest kelas eksperimen diperoleh nilarata-rata 79,0625. Hasil rata-rata kelas eksperimen yang lebih baik dari rata-rata kelas kontrol dimana 79,0625 > 68,6875, serta hasil perhitungan effect size sebesar 0,2601 dengan kategori ”sangat tinggi”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD berbantuan alat peraga materi peluang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0102 Applied Mathematics (Matematika Terapan) > 010203 Calculus of Variations, Systems Theory and Control Theory (Kalkulus Variasi, Teori Sistem dan Teori Kontrol)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Nadia Akrima Maulidya Uzma
Date Deposited: 20 Sep 2023 07:30
Last Modified: 20 Sep 2023 07:30
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10077

Actions (login required)

View Item View Item