Diyah, Lutfi Mauli (2023) Implementasi Metode An-Nahdliyah Dalam Pembelajaran Baca Qur'an di MTsN 3 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932110219_prabab.pdf Download (743kB) |
|
Text
932110219_bab1.pdf Download (473kB) |
|
Text
932110219_bab2.pdf Download (734kB) |
|
Text
932110219_bab3.pdf Download (380kB) |
|
Text
932110219_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (724kB) |
|
Text
932110219_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) |
|
Text
932110219_bab6.pdf Download (122kB) |
|
Text
932110219_daftarpustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text
932110219_suratpernyataan.pdf Download (161kB) |
Abstract
Pembahasan ini membahas tentang “Implementasi Metode An-Nahdliyah Dalam Pembelajaran Baca Qur’an di MTsN 3 Kediri”. Yang dilatar belakangi oleh masih banyak anak-anak yang kurang tertarik oleh pembelajaran Al-Qur’an dan belum dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Walaupun sudah ada yang dapat membaca Al-Qur’an namun belum sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf yang benar. Perlu Implementasi Metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran Baca Qur’an di MTsN 3 Kediri untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk Mendeskripsikan Proses Implementasi Metode An-Nahdliyah Dalam Pembelajaran Baca Qur’an di MTsN 3 Kediri; (2) Untuk Mendeskripsikan Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Metode An-Nahdliyah Dalam Pembelajaran Baca Qur’an di MTsN 3 Kediri; (3) Untuk Mendeskripsikan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa MTsN 3 Kediri Setelah diterapkannya Metode An-Nahdliyah Dalam Pembelajaran Baca Qur’an di MTsN 3 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dalam mengimplementasikan Metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran Baca Qur’an di MTsN 3 Kediri terdapat tiga cara yang dilakukan pertama perencanaan berupa diadakannya test membaca Al-Qur’an bagi siswa saat awal masuk sekolah, guru menyiapkan RPP dan Silabus. Dalam pelaksanaannya menggunakan buku jilid mulai dari jilid 3-6 dan Al-Qur’an (surat-surat pilihan), untuk penguasaan kelas menggunakan metode individual dan klasikal. Dan untuk evaluasi menggunakan teknik evaluasi harian dan teknik evaluasi semester atau akhir jilid. Untuk faktor pendukung yaitu Anak punya basic membaca Al-Qur’an dari awal, profesionalisme guru, Perhatian dari keluarga. Dan untuk faktor penghambat yaitu kurangnya minat siswa dalam mengikuti pelajaran Baca Qur’an, kurangnya pemahaman guru terhadap karakteristik peserta didik, kurangnya perhatian dari keluarga dan siswa tidak membawa buku jilid. Setelah diadakanya pembelajaran Baca Qur’an dengan Metode An-Nahdliyah kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an semakin meningkat.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Lutfi Mauli Diyah |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 04:30 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 04:30 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10064 |
Actions (login required)
View Item |