Strategi Guru PAI Dalam Menciptakan Situasi Belajar Mengajar Yang Efektif Dengan Pendekatan Komunikatif Pada MIN 4 Nganjuk

Zahrok, Siti Faizzatus (2023) Strategi Guru PAI Dalam Menciptakan Situasi Belajar Mengajar Yang Efektif Dengan Pendekatan Komunikatif Pada MIN 4 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932127619_prabab.pdf

Download (670kB)
[img] Text
932127619_bab 1.pdf

Download (304kB)
[img] Text
932127619_bab 2.pdf

Download (306kB)
[img] Text
932127619_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
932127619_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text
932127619_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
932127619_bab 6.pdf

Download (76kB)
[img] Text
932127619_Daftar pustaka.pdf

Download (126kB)
[img] Text
932127619_lampiran .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] Text
932127619_sp.pdf

Download (376kB)
[img] Text
932127619_sp.pdf

Download (376kB)

Abstract

ABSTRAK SITI FAIZZATUS ZAHROK, Dr.Hj.Munifah M.Pd. ,Nila Lukmatus Syahidah, M.Pd.I.,Strategi Guru PAI dalam menciptakan situasi belajar mengajar dengan pendekatan komunikatif pada MIN 4 Nganjuk ,Tarbiyah,IAIN Kediri, 2023 Kata kunci: Strategi Guru, Efektif, Komunikatif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebanyakan guru yang kurang kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga banyak pembelajaran yang monoton atau kurang efektif di dalam kelas oleh karena itu guru sebagai pendidik dituntut harus bisa kreatif dalam menyajikan materi saat di dalam kelas Selain itu komunikasi ataupun interaksi sosial guru dan peserta didik harus bagus dan dekat guru juga menentukan tingkat keberhasilan peserta didik dalam belajar di dalam kelas Oleh sebab itu guru harus mempunyai pendekatan komunikatif yang bagus untuk menciptakan situasi belajar mengajar yang efektif di dalam kelas. Tujuan penelitian adalah 1. Untuk mengetahui Bagaimana pendekatan komunikatif guru PAI dalam menciptakan situasi belajar mengajar yang efektif dengan pendekatan komunikatif di MIN 4 Nganjuk. 2. Untuk mengetahui hambatan pendekatan komunikatif guru PAI dalam menciptakan situasi belajar mengajar yang efektif dengan pendekatan komunikatif di MIN 4 Nganjuk. Rancangan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. tahap-tahap analisis data yang digunakan peneliti melalui reduksi data Analisis data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjang pengamatan, triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru sangat kreatif dalam menyampaikan materi di dalam kelas kepada peserta didik, interaksi sosial guru dengan peserta didik peserta didik dengan peserta didik lainnya sangat dekat dan baik guru memberikan contoh sesuai dengan lingkungan sekitarnya. (2) Hambatan penerapan pandekatan komunikatif di MIN 4 nganjuk terbagi menjadi pada 3 aspek., Aspek pada guru masih banyak siswa yang malu untuk bertanya kesulitan menentukan materi yang cocok untuk seluruh peserta didik dan menghabiskan banyak waktu di dalam kelas. Hambatan pada fasilitas pembelajaran yaitu pada listrik yang mati karena penyampaian materi menggunakan LCD, Suara bising karena kelas dekat dengan lapangan Hambatan yang terjadi pada peserta didik yaitu ngantuk lapar sakit kemampuan yang tidak sama dan daya ingat yang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Faizzatus Zahrok
Date Deposited: 15 Sep 2023 08:12
Last Modified: 26 Sep 2023 03:02
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10031

Actions (login required)

View Item View Item