Setyowati, Ajeng (2023) Penerapan metode ABA (Applied Behavior Analysis) dengan teknik DTT (Discrete Trial Training) dalam meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif pada anak autisme di Rumah Autis Adib Center Pare. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933401918_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
933401918_bab1.pdf Download (353kB) |
|
Text
933401918_bab2.pdf Download (345kB) |
|
Text
933401918_bab3.pdf Download (117kB) |
|
Text
933401918_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (674kB) |
|
Text
933401918_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
|
Text
933401918_bab6.pdf Download (89kB) |
|
Text
933401918_daftarpustaka.pdf Download (2MB) |
|
Text
933401918_suratpernyataan.pdf Download (305kB) |
Abstract
Ajeng Setyowati (2022), Dosen Pembimbing Novi Wahyu Winastuti, M.Psi, Psikolog dan Febri Hijroh Mukhlis, M.Hum : PENERAPAN METODE APPLIED BEHAVIOUR ANALYSIS (ABA) DENGAN TEKNIK DTT (DISCRETE TRIAL TRAINING) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF DAN EKSPRESIF PADA ANAK AUTISME DI RUMAH AUTIS ADIB CENTER PARE, Skripsi, Program Studi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Kediri. Kata Kunci : metode Applied Behaviour Analysis (ABA), teknik DTT (Discrete Trial Training), kemampuan bahasa ekspresif, autisme. Komunikasi erat kaitannya dengan kemampuan berbahasa, seseorang dapat berkomunikasi dengan baik karena adanya keterampilan atau kemampuan dalam berbahasa. Tanpa bahasa seseorang akan kesulitan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Dalam berbahasa, kemampuan bahasa ekspresif sangat dibutuhkan manusia. Kemampuan bahasa ekspresif disebut juga komunikasi bahasa verbal merupakan aspek yang utama dan sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode ABA, mengetahui hasil penerapan metode ABA dalam meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif dan mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi peningkatan dalam terapi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan jenis kualitatif deskriptif dengan subjek 5 anak gangguan autis di Rumah Autis Adib Center dengan usia 4 – 6 tahun. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara dari 5 orang tua subjek dan 3 terapis, form observasi berdasarkan kemampuan subjek dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diketahui bahwa penerapan metode ABA dilakukan dengan teknik DTT (Discrete Trial Training) dengan 1 terapis mendampingi beberapa anak. Dari hasil wawancara, observasi, dan observasi form kemampuan bahasa, terdapat peningkatan pada kemampuan bahasa ekspresif anak autis. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perubahan seperti kepatuhan, kontak mata, melabel seperti huruf, benda, angka, dan menjawab pertanyaan sederhana. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan terapi, diantaranya berat ringan gangguan autis, usia saat diagnosis dilakukan, tingkat kemampuan berbicara dan berbahasa, tingkat kelebihan dan kekurangan yang dimiliki anak, kecerdasan (IQ), kesehatan dan kestabilan emosi, dan intensitas waktu terapi. Namun saat penelitian dilakukan ditemukan faktor lain yang mendukung dalam terapi yaitu dukungan orang tua, kerja sama antara orang tua dan terapis, diet makanan dan cara pendampingan atau pola asuh orang tua di rumah. Adapun faktor yang menghambat keberhasilan adalah kurangnya kerja sama antara terapis dan orang tua, diet makanan, dan pola asuh orang tua.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | Ajeng Setyowati |
Date Deposited: | 03 May 2024 07:47 |
Last Modified: | 03 May 2024 07:47 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10024 |
Actions (login required)
View Item |