Strategi Radio Bonansa FM dalam Dakwah Islam (Studi Terhadap Acara “Kajian Islami”)

Sholikin, Achmad (2013) Strategi Radio Bonansa FM dalam Dakwah Islam (Studi Terhadap Acara “Kajian Islami”). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933500107-prabab.pdf

Download (495kB)
[img] Text
933500107-bab1.pdf

Download (329kB)
[img] Text
933500107-bab2.pdf

Download (640kB)
[img] Text
933500107-bab3.pdf

Download (347kB)
[img] Text
933500107-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text
933500107-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
933500107-bab6.pdf

Download (133kB)
[img] Text
933500107-DP.pdf

Download (134kB)
[img] Text
933500107-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)

Abstract

Selama ini dakwah memiliki orientasi yang jelas dan bertujuan mencegah dari yang mungkar, menyeru, memanggil, seruan, permohonan, dan permintaan. Istilah ini sering diberi arti yang sama dengan istilah tabligh, amr ma'ruf nahyi munkar, mau'idzah hasanah, tabsyir, indzhar, washiyah, tarbiyah, ta'lim.Dalam mengikuti perkembangan zaman, banyak macam-macam cara yang dilakukan dalam kegiatan berdakwah, dengan menggunakan media massa. Radio merupakan salah satu media massa yang paling efisien,praktis dan sangat terjangkau di semua lapisan masyarakat.Biaya operasional radio paling murah dibandingkan media lain.Dalam dunia radio, programer merupakan ujung tombak keberhasilan sebuah program acara radio.Sukses atau tidaknya tergantung oleh kepiawaian programer dalam program acara tersebut.Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana format acara “Kajian Islami”(2) Bagaimana strategi penyiaran acara “Kajian Islami” Radio Bonansa FM dalam dakwah Islam. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif. Penelitian terhadap salah satu acara di radio Bonansa FM Kediri,yang termasuk acara unggulan yaitu acara “Kajian Islami”. Sesuai dengan jenis penelitian ini kehadiran peneliti di lapangan sangat penting karena peneliti merupakan instrumen kunci mengungkap makna yang ada. Kata-kata dan tindakan yang didapat dan diperoleh dari informan merupakan sumber data utama dalam penelitian ini.Metode pengupulan data yang digunakan adalah melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi,lalu menarik kesimpulan dalam metode induksi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa format acara “Kajian Islami”di radio Bonansa FM cukup menarik dan variatif. Strategi dakwah yang ada dalam acara “Kajian Islami” adalah mengunakan strategikepiawaian seorang programer, penyiar, dan narasumber. Langkah –langkah strategi yang dirumuskan, metode dalam penyampaian pesan misalnya,disampaikan, menetapkan strategi dan metode dakwah dengan tepat dan akurat yang mudah dipahami masyarakat.Hal itu menjadikan acara “Kajian Islami” sebagai acara unggulan di radio Bonansa FM Kediri. “Kajian Islami’ memiliki pendengar yang cukup banyak dan loyal.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 04 Sep 2019 04:33
Last Modified: 04 Sep 2019 04:33
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/646

Actions (login required)

View Item View Item