Evaluasi Kurikulum Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Di MAN 1 Kota Kediri Dengan Countenance Model Stake

Fatmawati, Ira (2022) Evaluasi Kurikulum Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Di MAN 1 Kota Kediri Dengan Countenance Model Stake. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92401020005_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
92401020005_bab1.pdf

Download (598kB)
[img] Text
92401020005_bab2.pdf

Download (525kB)
[img] Text
92401020005_bab3.pdf

Download (483kB)
[img] Text
92401020005_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
92401020005_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[img] Text
92401020005_bab6.pdf

Download (237kB)
[img] Text
92401020005_daftarpustaka.pdf

Download (455kB)
[img] Text
92401020005_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK IRA FATMAWATI,2022, Evaluasi Kurikulum Madrasah Aliyah Plus Keterampilan di MAN 1 Kota Kediri dengan Countenance Model Stake,Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pasca Sarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Dosen Pembimbing Prof. Dr. Nur Ahid M.Ag. dan Dr. Iskandar Tsani, M.Ag. Kata Kunci: Evaluasi Kurikulum, MA Plus Keterampilan, Countenance Model Stake. KMA 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah diterbitkan Kementerian Agama untuk mendorong dan memberi aturan bagaimana berinovasi dalam mengimplementasikan kurikulum di madrasah. Pelaksanaan kurikulum Madrasah Aliyah Plus Keterampilan di MAN 1 Kota Kediri memerlukan evaluasi untuk perbaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Kurikulum Madrasah Aliyah Plus Keterampilan di MAN 1 Kota Kediri dengan Countenace Model State meliputi: Antecedent (persiapan), Transaction (proses) dan Outcomes (hasil). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian evaluative menggunakan Countenance Model Stake.Objek penelitian ini adalah Kepala MAN 1 Kota Kediri, Wakil Kepala Madrasah, Guru Keterampilan dan siswa MAN 1 Kota Kediri.Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti berupa observasi, wawan cara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi: (1). Reduksi data; (2). Display data; (3). Conclusing drawing (verifikasi data). Adapun Analisis data yang dilakukan meliputi analisis logis dan empirik saat observasi selanjutnya menggunakan standar agar dapat memberikan pertimbangan mengenai kurikulum keterampilan yang sedang dikaji sesuai tahapan evaluasi Countenace Model Stake. Sedangkan teknik pengcekkan keabsahan data yang digunakan peneliti adalah ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kurikulum Madrasah Aliyah Plus Keterampilan di MAN 1 Kota Kediri ditinjau dari aspek antecedents (persiapan) meliputi KTSP, penjadwalan, pembiayaan, sarpras, guru pengajar sudah sesuai dengan VISI MAN 1 Kota Kediri. 2) Kurikulum Madrasah Aliyah Plus Keterampilan di MAN 1 Kota Kediri ditinjau dari aspek transaction (proses) bahwa rencana pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru berdasarkan jam pelajaran regular, akan tetapi karena masa pandemi covid-19 maka pelaksanaannya menyesuaikan dengan regulasi tentang jam KBM masa pandemi covid19 sehingga kegiatan teori lebih banyak dibandingkan prakteknya, namun tidak dapat memberikan pengayaan materi dan perlu waktu tambahan bagi siswa untuk menyelesikan tugas. 3) Kurikulum Madrasah Aliyah Plus Keterampilan di MAN 1 Kota Kediri ditinjau dari aspek outcomes (hasil) menunjukkan ketercapaian kompetensi hasil belajar siswa untuk kelas X dan XI tampak dari penguasaan kompetensi berupa produk dan jasa dengan pencapaian nilai pengetahuan dan nilai keterampilan sesuai KKM sedangkan untuk kelas XII berdasarkan capaian Standar Kompetensi Lulusan. Saran bagi madrasah dalam pelaksanakan kurikulum keterampilan hendaknya melakukan analisis SWOT agar tujuan tercapai sesuai yang direncanakan baik tujuan jangka pendek, menengah dan jangka panjang secara menyeluruh dan menjadikan keterampilan sebagai image branding lebih nyata. Diperlukan laboran (tool man) untuk membantu guru keterampilan menyiapkan dan merawat peralatan di laboratorium juga efektifitas jam praktek saat KBM serta perlu adanya show room untuk menampilkan produk , pemasaran produk dan jasa keterampilan yang dimiliki siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 21 Sep 2022 07:50
Last Modified: 21 Sep 2022 07:50
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6285

Actions (login required)

View Item View Item