Efektifitas Manajemen Pendidikan Nonformal Dalam Rangka Peningkatan Ketrampilan Pada Usia Produktif Di UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Nganjuk

Amrillah, Fahmi (2022) Efektifitas Manajemen Pendidikan Nonformal Dalam Rangka Peningkatan Ketrampilan Pada Usia Produktif Di UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932410318_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932410318_bab1.pdf

Download (415kB)
[img] Text
932410318_bab2.pdf

Download (540kB)
[img] Text
932410318_bab3.pdf

Download (420kB)
[img] Text
932410318_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB)
[img] Text
932410318_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
932410318_bab6.pdf

Download (166kB)
[img] Text
932410318_daftarpustaka.pdf

Download (369kB)
[img] Text
932410318_suratpernyataan.pdf

Download (432kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi tentang bagaimana efektifitas pendidikan nonformal dalam peningkatan ketrampilan pada usia produktif untuk masyarakat Nganjuk. Selain itu, penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pendidikan nonformal dan perannya yang dilakukan dibalai latihan kerja (BLK) Nganjuk. Fokus penelitian dalam skripsi ini meliputi: 1) bagaimana perencanaan PNF yang dilakukan di BLK Nganjuk? 2) bagaimana pengoorganisasian PNF yang dilakukan di BLK Nganjuk? 3) Bagaimana pelaksanaan PNF yang dilakukan di BLK Nganjuk 4) Bagaimana Pengawasan PNF yang dilakukan di BLK Nganjuk? 5) Bagaimana peran pendidikan nonformal yang dilakukan dalam peningkatan ketrampilan di BLK Nganjuk?. Pendekatan yang dilakukan yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu : observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian bertempat di Balai Latihan Kerja Nganjuk. Analisis data yang digunakan adalah data model miles dan huberman yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan, member check, dan triangulasi yang meliputi data, metode dan sumber. Hasil penelitian ini adalah : 1) Perencanaan yang dilakukan di Balai Latihan Kerja (BLK) Nganjuk meliputi : a) Perencanaan tahunan, berupa pengajuan anggaran dan pelatihan. b) Perencanaan pertriwulan, berupa pembagian anggaran. b) Perencanaan kegiatan pelatihan, berupa pelaksanaan kegiatan pelatihan. Perencanaan kegiatan pelatihan yang dilaksanakan meliputi : penjadwalan, recruitment peserta, pelatihan kerja (pra pelatihan dan pelatihan) , penutupan, dan evaluasi pegawai. 2) Penerapan fungsi pengoorganisasian yang dilakukan di Balai Latihan Kerja (BLK) Nganjuk melipui pengelompokan jobdisc masing-masing sesuai dengan tugas dan kewajiban yang tertera dalam peraturan undang-undang gubernur jawa timur. Selain itu, Dalam semua pelaksanaan kegiatan pelatihan, jobdisc pegawai sesuai dengan struktural organisasi. 3) Pelaksanaan yang dilakukan di Balai Latihan Kerja (BLK) Nganjuk telah dilaksanakan dan terjadwal sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapka. 4) Pengawasan yang dilakukan di Balai Latihan Kerja (BLK) Nganjuk dapat disimpulkan memiliki tiga tipe yaitu : feedforwad, concurrent control, and feedback control. 5) Balai Latihan Kerja (BLK) Nganjuk memiliki peran penting terhadap peningkatan ketrampilan dengan kejuruan meliputi : Menjahit, Pembuatan roti dan kue , Las Listrik 3G, Practical Office, Service sepeda motor konvensional, Audio video, dan perkantoran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fahmi Amrillah
Date Deposited: 21 Sep 2022 03:34
Last Modified: 21 Sep 2022 03:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6275

Actions (login required)

View Item View Item