Analisis Strategi Penjualan Barang Komoditas di Swalayan Surya Gondang Perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah

Octaviana, Trivita (2018) Analisis Strategi Penjualan Barang Komoditas di Swalayan Surya Gondang Perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931204314-prabab.pdf

Download (599kB)
[img] Text
931204314-bab1.pdf

Download (277kB)
[img] Text
931204314-bab2.pdf

Download (416kB)
[img] Text
931204314-bab3.pdf

Download (166kB)
[img] Text
931204314-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
931204314-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
931204314-bab6.pdf

Download (151kB)
[img] Text
931204314-DP.pdf

Download (196kB)
[img] Text
931204314-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Strategi penjualan atau pemasaran adalah suatu seleksi sasaran yang menentukan posisi persaingan dan bauran dalam transaksi jual beli. Dalam strategi yang diterapkan penjualan atau pemasaran di swalayan dapat dibagi menjadi beberapa bentuk; a) Strategi Produk, b) Strategi Harga, c) Strategi Distribusi, d) Strategi Promosi. Swalayan Surya Gondang terdapat dua strategi yang dapat dilakukan yaitu strategi harga terdapat dalam penetapan harga yang berupa POP (Pont Of Price) dan berupa strategi promosi terhadap barang tertentu dengan sistem promo terdapat pada barang komoditas. Penetapan harga yang berupa POP (Point Of Price) yang terdapat di etalase rak barang komoditas dimana hal tersebut merupakan kesepakatan harga antara pihak swalayan dengan konsumen (pelanggan). Sedangkan strategi yang terjadi pada promosi diterapkan dalamsistem promo dibagi menjadi 10 macam promo (diskon, murah, 3 hari saja, awal bulan, akhir bulan, home care, beauty fair, kitchen fair, kids and baby fair, dan heboh). Hal tersebut dilakukan untuk menarik minat konsumen agar mau berbelanja di Swalayan Surya Gondang. Penelitian yang dilakukan mempunyai sebuah tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi di Swalayan Surya Gondang dengan menggunakan jenis pendekatan secara langsung atau lapangan (field research), sedangkan jenis penelitian secara kualitatif. Data yang diperoleh berupa data primer dan sekunder, sebagaimana yang terdapat dalam metode pengumpulan data dengan cara wawancara dan telaah dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis data kualitatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti bahwa Swalayan Surya Gondang mempunyai 2 strategi untuk menarik minat konsumen (pelanggan) yaitu berupa penetapan harga yang ada pada POP (Point Of Price) tidak sesuai dengan database komputer sehingga terjadi perubahan lafadz ijab dan qabul. Strategi selanjutnya yaitu berupa promo yang terdapat pada barang komoditas berupa promo diskon dimana telah ditemukan adanya ketidak jujuran terhadap barang yang mendapat promo diskon, yang ditemukan penutupan logo promo pada masa kadaluwarsa yang menyebabkan pihak konsumen (pelanggan) tidak megetahui kapan masa kadaluwarsa akan habis.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial Law, Islamic Contract Law) > 18012701 Bai’, Tijarah (Trading)
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 23 Aug 2019 06:23
Last Modified: 23 Aug 2019 06:23
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/619

Actions (login required)

View Item View Item