Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas VIII Di SMPN 1 Grogol Kediri

Rohmah, Luthfiyatur (2022) Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas VIII Di SMPN 1 Grogol Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932127018_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932127018_bab1.pdf

Download (450kB)
[img] Text
932127018_bab2.pdf

Download (528kB)
[img] Text
932127018_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB)
[img] Text
932127018_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
932127018_bab5.pdf

Download (446kB)
[img] Text
932127018_bab6.pdf

Download (10kB)
[img] Text
932127018_daftarpustaka.pdf

Download (246kB)
[img] Text
932127018_suratpernyataan.pdf

Download (348kB)

Abstract

Luthfiyatur Rohmah, 2022. Dosen Pembimbing (1) Drs. Moh. Irfan Burhani, M.Psi. dan (2) Novi Rosita Rahmawati, M.Pd. : Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Grogol Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Kata kunci : Kecerdasan Emosional, Gaya Belajar, Prestasi Belajar. Prestasi belajar adalah suatu hasil dari kemampuan siswa yang diperoleh setelah menerima pengalaman belajarnya yang dipetakan dalam bentuk nilai. Data di lapangan didapatkan bahwa siswa kelas VIII di SMPN 1 Grogol Kediri memiliki prestasi yang baik. Peneliti berasumsi bahwa hal tersebut berkaitan dengan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu kecerdasan emosional dan gaya belajar. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan seseorang dalam mengenali perasaan diri sendiri, kemampuan memotivasi diri sendiri dan kemampuan mengelola emosi pada diri sendiri dengan baik serta dalam hubungannya dengan orang lain. Sedangkan gaya belajar adalah suatu cara yang dilakukan seseorang dalam menerima, menyerap, mengolah, dan mengembangkan informasi yang diterima sesuai dengan kemampuan dan kapasitas pada dirinya agar tercipta kenyamanan belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui : 1) Adanya pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMPN 1Grogol Kediri, 2) Adanya pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMPN 1Grogol Kediri, dan 3) Adanya pengaruh kecerdasan emosional dan gaya belajar terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMPN 1Grogol Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian dekripstif korelasi. Populasi pada penelitian ini siswa kelas VIII SMPN 1 Grogol Kediri dengan jumlah 320 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik non probability sampling tipe incindental sampling dengan rumus Slovin berdasarkan taraf signifikan 5% diperoleh sampel sebanyak 178 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen Kecerdasan Emosional berdasarkan teori Daniel Goleman, Gaya Belajar berdasarkan teori Bobby dePorter dan Mike Hernacki. Sedangkan data prestasi belajar PAI menggunakan hasil nilai tengah semester genap tahun ajaran 2021/2022. Selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah: 1) Ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar, namun lemah dengan nilai koefisien korelasi (R)=0,188 dan koefisien determinasi R2=0,035 maka berpengaruh sebesar 3,5% dan sisanya 96,5% dipengaruhi faktor lain. 2) Ada pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar, namun lemah dengan nilai koefisien korelasi (R)=0,206 dan koefisien determinasi R2=0,043 maka berpengaruh sebesar 4,3% dan sisanya 95,7% dipengaruhi faktor lain, dan 3) Ada pengaruh kecerdasan emosional dan gaya belajar terhadap prestasi, namun lemah dengan nilai koefisien korelasi (R)=0,231 dan koefisien determinasi R2=0,053 maka berpengaruh sebesar 5,3% dan sisanya 94,7% dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Luthfiyatur Rohmah
Date Deposited: 15 Sep 2022 04:39
Last Modified: 15 Sep 2022 04:39
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6079

Actions (login required)

View Item View Item