Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I di MI Nasyiatul Mubtadi'in Wates Kediri

Khoirunisa', Afa Zuan (2022) Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I di MI Nasyiatul Mubtadi'in Wates Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932604318_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932604318_bab1.pdf

Download (386kB)
[img] Text
932604318_bab2.pdf

Download (283kB)
[img] Text
932604318_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
932604318_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB)
[img] Text
932604318_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
932604318_bab6.pdf

Download (162kB)
[img] Text
932604318_daftarpustaka.pdf

Download (236kB)

Abstract

ABSTRAK AFA ZUAN KHOIRUNISA‘, Dosen Pembimbing, Dr. Fartika Ifriqia, M.Pd. Ratna Wahyu Wulandari, M.Pd. Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I di MI Nasyiatul Mubtadi’in Wates Kediri, PGMI, Tarbiyah IAIN KEDIRI, 2022. Kata Kunci : Kesulitan Membaca Permulaan, Usaha Guru, Sekolah Dasar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan membaca permulaan siswa kelas I di MI Nasyiatul Mubtadi‘in Wates Kediri. Kesulitan membaca adalah kondisi yang berkaitan dengan kemampuan membaca yang sangat tidak memuaskan, hal ini merupakan hambatan bagi siswa untuk belajar dan membuat kegiatan belajar mengalami kendala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana kesulitan membaca permulaan yang dialami siswa kelas I MI Nasyiatul Mubtadi‘in Wates, mengetahui bagaimana usaha guru mengatasi kesulitan membaca siswa kelas I, dan faktor penghambat membaca permulaan siswa kelas I MI Nasyiatul Mubtadi‘in Wates Kediri. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian disini menggunakan analisis deskriptif, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kesulitan membaca permulaan yang dialami siswa kelas I berbeda-beda jenisnya yaitu kesulitan membaca permulaan yang dialami oleh siswa yaitu belum bisa membaca huruf digraf terutama jika kata panjang, membaca huruf vocal seperti membedakan cara baca (e) dan (e‘), membedakan huruf yang mirip, membaca tanda baca dengan baik, berbata-bata saat membaca, membaca kata yang belum pernah didengar sebelumnya dan membaca huruf diftong. 2) Usaha guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan siswa yakni menggunakan media kartu, metode eja, memberikan tugas khusus, membaca bergiliran dengan keras, dan memberikan jam tambahan kepada siswa. 3) Faktor Penghambat membaca permulaan siswa yaitu faktor minat belajar membaca siswa yang semestinya timbul dari diri siswa, faktor sekolah yang kurang memberikan fasilitas karena keterbatasan, faktor keluarga yang kurang bekerja sama dalam mendidik anak, dan faktor teman kanak-kanak siswa yang pada saat itu dilakukan secara daring membuat pembelajaran kurang efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Afa Zuan Khoirunisa'
Date Deposited: 29 Aug 2022 06:48
Last Modified: 29 Aug 2022 06:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5796

Actions (login required)

View Item View Item