Penerapan Strategi True or False Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas IV di SDN Gedongombo 1 Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang

Lailiyah, Miftakhul (2022) Penerapan Strategi True or False Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas IV di SDN Gedongombo 1 Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932135718_prabab.pdf

Download (658kB)
[img] Text
932135718_bab1.pdf

Download (377kB)
[img] Text
932135718_bab2.pdf

Download (642kB)
[img] Text
932135718_bab3.pdf

Download (382kB)
[img] Text
932135718_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
932135718_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
932135718_bab6.pdf

Download (94kB)
[img] Text
932135718_daftarpustaka.pdf

Download (318kB)
[img] Text
932135718_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932135718_suratpernyataan.pdf

Download (104kB)

Abstract

ABSTRAK Miftakhul Lailiyah, Dosen Pembimbing Dewi Agus Triani, M.Pd.I dan Nila Zaimatus Septiana, M.Pd. Penerapan Strategi True or False Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI kelas IV di SDN Gedongombo 1 Kecamatan Ploso Kabupaten. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2022. Kata kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran PAI, Strategi True or False. Penelitian ini membahas permasalahan mengenai penerapan strategi true or false dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas IV di SDN Gedongombo 1. Dimana pada penggunaan metode lama yaitu ceramah dalam proses pembelajaran sebelumnya belum maksimal dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan dan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gedongombo 1 dalam proses pembelajaran PAI materi sholat melalui strategi true or false. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas berdasarkan model Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian ini dibagi menjadi dua siklus yang masing masing siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas IV SDN Gedongombo 1 sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Adapun instrumen pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian antara lain: 1) penerapan strategi true or false dilakukan dengan membagi siswa menjadi 4 kelompok yang terdiri dari 6 siswa, penerapan ini dapat berjalan dengan baik. 2) hasil belajar siswa memperoleh nilai lebih tinggi dari KKM pada pra siklus dengan persentase sebesar 33%, siklus I sebesar 54%, dan siklus II sebesar 79%. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi true or false dapat meningkatkan hasil belajar PAI, terlihat dari nilai hasil belajar yang meningkat setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Depositing User: Mif Takhul Lailiyah
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:49
Last Modified: 04 Aug 2022 04:49
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5435

Actions (login required)

View Item View Item