Analisis Pendidikan Adab Guru Kepada Murid Dalam Kitab Adabul 'Alim Wal Muta'allim

Charisudin, Zaki (2022) Analisis Pendidikan Adab Guru Kepada Murid Dalam Kitab Adabul 'Alim Wal Muta'allim. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932105618_Prabab.pdf

Download (3MB)
[img] Text
932105618_BAB1.pdf

Download (846kB)
[img] Text
932105618_BAB2.pdf

Download (589kB)
[img] Text
932105618_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
932105618_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932105618_BAB5.pdf

Download (254kB)
[img] Text
932105618_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] Text
932105618_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB)
[img] Text
932105618_Surat pernyataan.pdf

Download (94kB)

Abstract

ABSTRAK ACHMAD ZAKI CHARISUDIN. 2022. Pendidikan Adab Guru Kepada Murid Dalam Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah. IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. Kadi, M. Pd. I dan (2) Masrul Isroni, N. W. , M. A. Kata kunci: Adab, Guru dan Murid, Pendidikan. Pendidikan pada hakekatnya adalah waadah untuk mendidik manusia menjadi makhluk yang berilmu dan beradab. Namun, karena ketidaktahuan atau ketidakmau tahuan seseorang yang berprofesi menjadi guru untuk selalu memperhatikan adab saat kegiatan belajar di hadapan murid mengakibatkan muculnya kesenjangan dalam dunia pendidikan, seperti peristiwa tak beradab yang dilakukan guru kepada murid hingga hilangnya nyawa penddikan itu sendiri, khususnya pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam pemikiran KH. Hasyim Asy’ari tentang guru yang seharusnya menjaga adab selama proses kegiatan belajar mengajar bersama murid. Penelitian karya tulis ini library research atau penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif dan interpretasi. Data primer penelitian ini adalah kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim karya KH. Hasyim Asy’ari pada bab ke tujuh (Adab Guru Kepada Murid). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut; (1) Ikhlas sebagai niat utama seorang guru agar pendidikan yang diselenggarakan memperoleh pahala ridha dari Allah dan sesuai dengan konsep ikhlas beramal dari Imam Ghozali. (2) Membantu murid membangkitkan semangat untuk mau belajar dengan memberikan mereka motivasi-motivasi yang membangun. (3) Memberikan penjelasan kelimuan dengan bahasa yang paling mudah dipahami para murid agar mereka cepat dan tanggap dalam merespon setiap apa yang disampaikan guru. (4) Terbiasa memberikan post-tes sederhana kepada murid setelah menyampaikan sebuah materi untuk melatih pola pikir kritis murid. (5) Mengenal pribadi murid dengan baik untuk menciptakan hubungan guru dan murid yang ideal. (6) Merawat interaksi untuk membangun rasa sosialitas yang tinggi antar murid demi terwujudnya karakter sosialis. (7) Memiliki prinsip memaksimalkan potensi murid yang ada, dan walau jumlahnya sedikit, asalkan hasilnya maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Achmad Zaki Charisudin
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:40
Last Modified: 03 Aug 2022 04:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5388

Actions (login required)

View Item View Item