Problematika Pembelajaran PAI Melalui Metode Hybrid Learning Di Masa Transisi (Studi Kasus di Desa Blaru Kec. Badas Kab. Kediri)

Syaifudin, Mukhamad (2022) Problematika Pembelajaran PAI Melalui Metode Hybrid Learning Di Masa Transisi (Studi Kasus di Desa Blaru Kec. Badas Kab. Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932100418_prabab.pdf

Download (938kB)
[img] Text
932100418_bab1.pdf

Download (255kB)
[img] Text
932100418_bab2.pdf

Download (260kB)
[img] Text
932100418_bab3.pdf

Download (49kB)
[img] Text
932100418_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
932100418_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
932100418_bab6.pdf

Download (18kB)
[img] Text
932100418_daftarpustaka.pdf

Download (263kB)
[img] Text
932100418_suratpernyataan.pdf

Download (421kB)

Abstract

ABSTRAK MUKHAMAD SYAIFUDIN, Dosen Pembimbing Dr. H. Syamsul Huda, M.Ag dan Muhammad Nabil Khasbullah, S.El, M.Pd, Problematika Pembelajaran PAI Melalui Metode Hybrid Learning di Masa Transisi (Studi Kasus di Desa Blaru Kec. Badas Kab. Kediri), Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci: pandemi, hybrid learning, pendidikan agama islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya surat edaran dari pemerintah tentang ketentuan pelaksanaan pendidikan pada masa darurat pandemi covid-19 yang mengatur adanya pembelajaran jarak jauh. Berbagai kendala pelaksanaan pendidikan jarak jauh dan tatap muka terbatas membutuhkan model pembelajaran yang sesuai, diantaranya model pembelajaran Hybrid Learning. Model pembelajaran Hybrid Learning dilaksanakan dalam bentuk online dan offline. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistematika pembelajaran PAI dan permasalahan yang dialami sekaligus memberikan solusi terkait pembelajaran PAI pada metode Hybrid Learning di masa transisi pandemi covid-19 di Desa Blaru Kec. Badas Kab. Kediri. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode kualitatif. Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah peserta didik dan tenaga kependidikan di Desa Blaru Kec. Badas Kab. Kediri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Teknik analisis data mengacu pada analisis induktif data yang meliputi pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu: 1. Proses pembelajaran PAI melalui metode hybrid learning di desa Blaru dilakukan dengan cara penggabungan antara tatap muka terbatas dan sarana internet. Metode pembelajaran tersebut memakai internet sebagai sarana dan sumber belajar kedua setelah buku, jadi peserta didik memiliki lebih banyak sumber materi yang dibutuhkan. 2. Pelaksanaan pembelajaran PAI melalui metode hybrid learning di desa Blaru belum sepenuhnya berjalan lancar dikarenakan ada beberapa kendala seperti durasi pembelajaran yang terbatas, minimnya koneksi internet dan rendahnya semangat belajar peserta didik dikarenakan pengaruh game online yang yang membuat peserta didik lupa waktu, terlambat mengerjakan tugas dan mengganggu prestasi belajarnya. 3. Upaya yang dilakukan yaitu: a) orang tua mengawasi dan mengatur waktu anaknya supaya bisa memahami waktu belajar, bermain, dan istirahat, b) membiasakan anaknya disiplin, c) menjaga pergaulan dan lingkungan anak, d) guru melakukan pembelajaran yang interaktif, inovatif dan menyenangkan, e) orang tua, guru dan masyarakat saling berupaya untuk mengawasi dan mengatasi kendala pembelajaran yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mukhamad Syaifudin
Date Deposited: 02 Aug 2022 04:02
Last Modified: 02 Aug 2022 04:02
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5334

Actions (login required)

View Item View Item