Peran Guru Mata Pelajaran Keagamaan Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Saat Pandemi Covid-19 Di MTsN 5 Kediri

Febrianatoro, Willy (2021) Peran Guru Mata Pelajaran Keagamaan Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Saat Pandemi Covid-19 Di MTsN 5 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932123717_prabab.pdf

Download (589kB)
[img] Text
932123717_bab1.pdf

Download (249kB)
[img] Text
932123717_bab2.pdf

Download (269kB)
[img] Text
932123717_bab3.pdf

Download (194kB)
[img] Text
932123717_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text
932123717_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
932123717_bab6.pdf

Download (92kB)
[img] Text
932123717_daftarpustaka.pdf

Download (220kB)
[img] Text
932123717_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK WILLY FIBRIANTORO, 2021, Peran Guru Mata Pelajaran Keagamaan Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Saat Pandemi Covid-19 Di MTsN 5 Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Dosen Pembimbing (1) Dr. Hj. Mu’awanah, M.Pd. dan Dosen Pembimbing (2) Zakiyatus Soimah, MHI. Kata kunci: Peran guru, Motivasi Belajar Guru merupakan seseorang yang berperan penting dalam memberikan semangat dan dorongan untuk belajar kepada peserta didik. Melihat kondisi saat ini adanya pandemi Covid-19 ini membuat semua sarana mati atau di tutup sementara, termasuk kegiatan belajar mengajar, kondisi ini membuat pendidikan dilaksanakan dengan metode jarak jauh atau daring. Melihat permasalahan tersebut motivasi guru sangat penting dalam proses pembelajaran terutama disaat pandemi Covid-19, hal tersebut dapat memberikan dampak kepada peserta didik agar menjadi lebih semangat dalam belajar. Fokus dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana motivasi belajar peserta didik saat pandemi Covid-19 di MTsN 5 Kediri. (2) Bagaimana peran guru mata pelajaran keagamaan dalam meningkatkan motivasi beajar peserta didik saat pandemi Covid-19 di MTsN 5 Kediri. (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat peran guru mata pelajaran keagamaan dalam meningkatkan motivasi beajar peserta didik saat pandemi Covid-19 di MTsN 5 Kediri. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah kualitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data yang dilakukan adalah triangulasi dan perpanjang keikut sertaan pengamatan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini sebagai berikut (1) Motivasi belajar peserta didik saat pandemi Covid-19 di MTsN 5 Kediri dapat diketahui sudah cukup baik dilihat dari peserta didik ketika pembelajaan berlangsung banyak yang aktif merespon ketika proses pembelajaran. (2) Peran guru mata pelajaran keagamaan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik saat pandemi Covid-19 di MTsN 5 Kediri yaitu: guru membuat grub WhatsApp yang nantinya akan digunakan untuk proses pembelajaran, guru mengunakan menggunakan metode pembelajaran yang inovatif seperti: PPT, video pembelajaran, dan ada juga yang menggunakan nadhom, guru memberikan kata-kata motivasi dan nasihat,guru juga mendatangi kerumah siswa yang bermasalah dalam pembelajaran. (3) Faktor pendukung peran guru mata pelajaran keagamaan dalam meningkatkan motivasi beajar peserta didik saat pandemi Covid-19 di MTsN 5 Kediri yaitu: adanya internet dan banyaknya aplikasi yang mendukung kegiatan pembelajaran seperti whats app, you tube dan lain-lain, adanya bantuan kuota internet gratis dari sekolahan. Sedangkan faktor penghambat yaitu sinyal yang susah, tidak adanya kuota internet, adanya siswa yang bermasalah, banyak peserta didik yang memainkan game online sehingga lalai dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 27 Jun 2022 01:46
Last Modified: 27 Jun 2022 01:46
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4813

Actions (login required)

View Item View Item