Evaluasi Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Mts Syekh Subakir 1 Nglegok Blitar

Novebriana, Rizka (2021) Evaluasi Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Mts Syekh Subakir 1 Nglegok Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932107117_prabab.pdf

Download (785kB)
[img] Text
932107117_bab1.pdf

Download (356kB)
[img] Text
932107117_bab2.pdf

Download (272kB)
[img] Text
932107117_bab3.pdf

Download (291kB)
[img] Text
932107117_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932107117_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
932107117_bab6.pdf

Download (15kB)
[img] Text
932107117_daftarpustaka.pdf

Download (247kB)
[img] Text
932107117_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK NOVEBRIANA, RIZKA, 2021. Evaluasi Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTs Syekh Subakir 1 Nglegok Blitar, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. Iskandar Tsani, M.Ag dan (2) Sufirmansyah, M.Pd.I. Kata Kunci: Evaluasi, Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19, Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana evaluasi context dalam pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran SKI di MTs Syekh Subakir 1 Nglegok Blitar. 2) Bagaimana evaluasi input dalam pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran SKI di MTs Syekh Subakir 1 Nglegok Blitar. 3) Bagaimana evaluasi process dalam pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran SKI di MTs Syekh Subakir 1 Nglegok Blitar. 4) Bagaimana evaluasi product dalam pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan masa pandemi covid-19 pada mata SKI di MTs Syekh Subakir 1 Nglegok Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk jenis penelitian evaluasi dengan model CIPP (Context, Input, Process, dan Product) yang dipopulerkan oleh Stufflebeam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap kegiatan diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang sudah lengkap kemudian divalidasi dengan dilakukan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen: 1) Context yakni madrasah telah memahami program pembelajaran daring dengan baik. Legalitas program pembelajaran daring telah sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan pemerintah. Dukungan lingkungan sangat suportif untuk pembelajaran daring. Tujuan program pembelajaran daring yakni untuk memutus rantai penyebaran virus covid-19. 2) Input yakni SDM meliputi stake holder di madrasah saling berkolaborasi dengan baik dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Sarana prasarana pendukung pembelajaran daring telah memadahi secara optimal. Sumber dana tidak ada anggaran khusus tetapi dibuat kesepakatan antara pihak madrasah dan orangtua peserta didik untuk melakukan potongan biaya bulanan. Kurikulum telah sesuai dengan kurikulum 2013. 3) Process yakni pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan guru dengan mengintegrasikan kebijakan protokol kesehatan dalam desain RPP dan melaksanakan pembelajaran daring berbasis WhatsApp dan Google Form dengan optimal. Umpan balik orangtua peserta didik dalam pembelajaran daring pro dan kontra. Upaya guru dalam memanfaatkan sumber pembelajaran daring SKI telah maksimal. Monitoring pembelajaran daring dilakukan secara rutin oleh kepala madrasah dan wakilnya. Hambatan yang dialami dalam pelaksanaan pembelajaran daring sangat beragam. 4) Product yakni pelaksanaan pembelajaran daring melalui penilaian spiritual peserta didik menunjukkan hasil yang baik. Penilaian sikap sosial peserta didik meliputi sikap jujur dan disiplin menunjukkan hasil yang baik. Penilaian kompetensi pengetahuan peserta didik termasuk dalam kategori baik dengan perolehan rata-rata nilai tes sebesar 85,2. Penilaian keterampilan peserta didik dalam membuat mind mapping menunjukkan mayoritas 15 peserta didik memperoleh score 3 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 15 Jun 2022 04:33
Last Modified: 15 Jun 2022 04:33
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4702

Actions (login required)

View Item View Item