Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran Siswa Kelas XI Man 5 Kediri

Nurjanah, Umi (2021) Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran Siswa Kelas XI Man 5 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932106617_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932106617_bab1.pdf

Download (229kB)
[img] Text
932106617_bab2.pdf

Download (480kB)
[img] Text
932106617_bab3.pdf

Download (253kB)
[img] Text
932106617_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text
932106617_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text
932106617_bab6.pdf

Download (97kB)
[img] Text
932106617_daftarpustaka.pdf

Download (298kB)
[img] Text
932106617_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK UMI NURJANAH, Dosen Pembimbing Dr. Hj. Munifah, M.Pd dan Agus Dwi Santosa, M.Pd.I, Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran Siswa Kelas XI MAN 5 Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2021. Kata Kunci : Upaya Guru, Tujuan Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam yang kemudian berdampak pada hasil capaian tujuan pembelajara siswa yang kurang optimal. Dalam hal ini peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di MAN 5 Kediri sebagai Madrasah Negeri termuda di Kediri bagian selatan untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan oleh Guru sejarah kebudayaan Islam MAN 5 Kediri dalam mencapai tujuan pembelajaran siswa kelas XI sehingga mampu bersaing dengan Madrasah-madrasah lain yang sudah terlebih dulu diakui eksistensinya. Adapun fokus penelitian yang dibahas dalam penelitian ini meliputi beberapa hal berikut yaitu, bagaimana upaya Guru sejarah kebudayaan Islam MAN 5 Kediri dalam melakukan perencanaan pembelajaran agar siswa kelas XI dapat mencapai tujuan pembelajaran, bagaimana upaya guru sejarah kebudayaan Islam MAN 5 Kediri dalam pemanfatan sarana prasarana, bagaimana upaya guru dalam mengelola kelas, bagaimana evaluasi yang dilakukan guru sejarah kebudayaan Islam MAN 5 Kediri agar siswa kelas XI dapat mencapai tujuan pembelajaran dan bagaimana hasil capaian tujuan pembelajaran sejarah kebudayaan Islam siswa kelas XI MAN 5 Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan analisis data dilakukan dengan cara analisis sebelum di lapangan dan analisis selama di lapangan yang meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya Guru sejarah kebudayaan Islam MAN 5 Kediri dalam mencapai tujuan pembelajaran siswa kelas XI dilakukan dengan bebera hal yang saling berkaitan satu dengan lainnya mulai dari perencanaan pembelajaran yang dibuat dengan terstruktur dan memenuhi komponen pembuatan perencanaan pembelajaran, pemanfatan sarana prasara pembelajaran sebaik mungkin sesuai dengan versi dari masing-masing guru, pengelolaan kelas dengan mempertimbangkan karakteristik siswa dan penerapan metode pembelajaran yang bervariasi yang salah satu diantaranya yaitu metode bernyanyi, melakukan evaluasi pembelajaran dengan sistematis dan berkesinambungan pada berbagai aspek yang perlu dievaluasi, sampai pada perolehan capaian tujuan pembelajaran siswa kelas XI MAN 5 Kediri yang sudah tercapai memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 15 Jun 2022 04:28
Last Modified: 15 Jun 2022 04:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4701

Actions (login required)

View Item View Item