Analisis Strategi Pemasaran Kerupuk Udang UD. Devi Putri Desa Bobang Kecamatan Semen Kabupaten Kediri Ditinjau Dari Marketing Syariah

Sholikhah, Zulfatus (2022) Analisis Strategi Pemasaran Kerupuk Udang UD. Devi Putri Desa Bobang Kecamatan Semen Kabupaten Kediri Ditinjau Dari Marketing Syariah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931302515_Pra_Bab[1].pdf

Download (542kB)
[img] Text
931302515_Bab_I[1].pdf

Download (541kB)
[img] Text
931302515_Bab_II[1].pdf

Download (416kB)
[img] Text
931302515_Bab_III[1].pdf

Download (137kB)
[img] Text
931302515_Bab_IV[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text
931302515_Bab_V[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
931302515_Bab_VI[1].pdf

Download (112kB)
[img] Text
931302515_Daftar_Pustaka[1].pdf

Download (770kB)
[img] Text
931302515_suratpernyataan.pdf

Download (408kB)

Abstract

ZULFATUS SHOLIKHAH, 2021. ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KERUPUK UDANG UD. DEVI PUTRI DESA BOBANG KECAMATAN SEMEN KABUPATEN KEDIRI DITINJAU DARI MARKETING SYARIAH , Dosen Pembimbing Dr. Hj. Naning Fatmawatie, SE., MM dan Nilna Fauza, M.HI. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Marketing Syariah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian peneliti terkait semakin banyaknya orang memproduksi kerupuk. Namun, sebuah perusahaan agar mampu bersaing dengan perusahaan yang lain, maka sebuah perusahaan tersebut harus memiliki strategi agar tetap diminati. Hal seperti itulah yang dilakukan oleh salah seorang pengusaha kerupuk UD. Devi Putri yang produknya seringkali lebih dikenal dan diminati oleh kalangan masyarakat dengan ciri khas produk yang tanpa borax. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran kerupuk udang ditinjau dari marketing syariah pada UD. Devi Putri Desa Bobang Kecamatan Semen Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakanadalah metode deskriptif analisis. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data dan penarikan kesimpulan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Usaha kerupuk UD. Devi Putri dalam perkembangan usahanya mempunyai strategi tersendiri untuk memasarkan produknya. Untuk produk yang ditawarkan oleh usaha kerupuk UD. Devi Putri pada pasar atau konsumen yaitu menyediakan berbagai jenis varian kerupuk. Dalam menetapkan harga pihak kerupuk UD. Devi Putri sangat mempertimbangkan dengan kebutuhan konsumen atau pengecer. Promosi yang dilakukan oleh usaha kerupuk UD. Devi Putri adalah promosi periklanan hanya menggunakan logo, merek, alamat perusahaan, beserta nomor teleponperusahaan. Selain memasarkan produknya melalui mulut kemulut pihak usaha kerupuk UD. Devi Putri juga menggunakan media sosial seperti WhatsApp dan Facebook untuk memasarkan produknya agar lebih diketahuimasyarakat luas. Distribusi yang ada dalam usaha kerupuk UD. Devi Putri yaitu melakukan kerjasama dengan pihak distributor, meskipun dalam tingkatan kecil seperti, warung-warung atau toko�toko, dan pengecer. UD. Devi Putri mampu mensinergikan perspektifpemasaran syariah dianalisis menggunakan bauran pemasaran dan karakteristik syariah yaitu teistis (rabbaniyah), etis (akhlaqiyyah), realitis (al-waqi’iyah) dan humanitis (al�insaniyyah). Hal tersebut dapat dibuktikan dengan produk halal dan jelas, harga sesuai dengan kondisi produk, tidak ada unsur penipuan, pelayanan baik dengan memperhatikan moral dan etika, tidak memotong jalur distribusi dan kejujuran dalam promosi, kejujuran dan menjaga hubungan dengan pembeli.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Zulfatus Sholikhah
Date Deposited: 14 Jun 2022 04:11
Last Modified: 14 Jun 2022 04:11
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4683

Actions (login required)

View Item View Item