Pesan Dakwah Komunikasi Visual Dalam Akun Instagram Gendhukstory Dan Lemonmove

Hanifah, Ichita (2019) Pesan Dakwah Komunikasi Visual Dalam Akun Instagram Gendhukstory Dan Lemonmove. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933503815 PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933503815 BAB I.pdf

Download (530kB)
[img] Text
933503815 BAB II.pdf

Download (506kB)
[img] Text
933503815 BAB III.pdf

Download (246kB)
[img] Text
933503815 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
933503815 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
933503815 BAB VI.pdf

Download (118kB)
[img] Text
933503815 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pesan dakwah komunikasi visual yang terdapat pada gambar yang diunggah oleh akun Gendhukstory dan Lemonmove. Adapun fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana konsep desain komunikasi visual pada akun instagram Gendhukstory dan Lemonmove periode 1 Maret-31 Mei 2019 sebagai media dakwah, (2) Apa saja pesan dakwah yang terdapat dalam gambar yang diunggah oleh akun Instagram Gendhukstory dan Lemonmove periode 1 Maret-31 Mei 2019, (3) Bagaimana pengaruh akun Gendhukstory dan Lemonmove terhadap para followers (pengikutnya). Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif dengan analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Teori semiotika Peirce menganalisis secara tiga tahap, yaitu tanda (representament), acuan tanda (object), makna tanda (interpretant). Analisis tersebut untuk mengidentifikasi apa saja pesan dakwah yang terdapat dalam gambar juga dikaitkan dengan unsur desain komunikasi visual yaitu garis, warna dan tipografi. Penelitian ini juga membahas mengenai respon followers mengenai gambar dakwah yang terdapat pada akun instagram Gendhukstory dan Lemonmove. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gambar dalam akun Gendhukstory dan Lemonmove mengandung unsur desain komunikasi visual yaitu garis, warna dan tipografi. Akun Gendhukstory memiliki konsep desain komunikasi visual yang sederhana dan konsep yang lebih variatif ditonjolkan oleh akun Lemonmove. Pesan dakwah dalam gambar yang terdapat pada akun Gendhukstory dan Lemonmove teridentifikasi mengandung materi dakwah akhlak, aqidah dan syari’ah. Selain itu, ditemukan berbagai respon positif dari para pengikut akun Gendhukstory dan Lemonmove. Pertama, para followers akun Gendhukstory dan Lemonmove mendapatkan ilmu dan pengetahuan mengenai ajaran agama Islam yang sebelumnya belum mereka ketahui. Kedua, adanya keinginan untuk menjadi orang yang lebih baik setelah membaca pesan-pesan dakwah melalui gambar yang terdapat pada akun Gendhukstory dan Lemonmove.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 14 Jun 2022 02:59
Last Modified: 14 Jun 2022 02:59
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4681

Actions (login required)

View Item View Item