Strategi Inovasi Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Bakso Cak Pitung Sidoarjo)

Fahira, Alvanecia Ghinza (2021) Strategi Inovasi Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Bakso Cak Pitung Sidoarjo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931324516_prabab.pdf

Download (971kB)
[img] Text
931324516_bab1.pdf

Download (535kB)
[img] Text
931324516_bab2.pdf

Download (605kB)
[img] Text
931324516_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
931324516_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text
931324516_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
931324516_bab6.pdf

Download (13kB)
[img] Text
931324516_daftarpustaka.pdf

Download (123kB)
[img] Text
931324516_suratpernyataan.pdf

Download (430kB)

Abstract

ALVANECIA GHINZA FAHIRA, Dosen Pembimbing Dr. Andriani, SE. MM. dan Choiril Anam, MEI. STRATEGI INOVASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus Bakso Cak Pitung Sidoarjo). Jurusan Ekonomi Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri. 2021. Kata Kunci: Inovasi Produk, Volume Penjualan. Inovasi merupakan salah satu pilihan korporasi, menghadapi persaingan pasar dan pengelolaan yang berkelanjutan. Inovasi produk adalah cara atau trik suatu perusahaan yang tujuannya untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dalam rangka memenuhi kebutuhan dengan mengamati, memberi rasa kepuasan, dan membuat konsumen tertarik dengan produk usaha. Bakso Cak Pitung Sidoarjo adalah salah satu jenis usaha yang bergerak di bidang kuliner yang konsisten melakukan pembaharuan dalam inovasi produk untuk meningkatan volume penjualannya. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif dengan data pimer sebagai sumber data yang utama, ini berarti bahwa data tersebut diperoleh dari pihak-pihak yang bekerja maupun konsumen dalam usaha Bakso Cak Pitung Sidoarjo, baik berupa orang-orang yang berhubungan langsung, karya ilmiah, media informasi, dan lain sebagainya yang masih terkait dengan objek yang diteliti. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data dan penyederhanaan, paparan dan sajian data, serta penarikan kesimpulan. Strategi Inovasi Produk yang digunakan oleh Bakso Cak Pitung tercermin melalui pengembangan produk dengan penambahan varian pada bakso Cak Pitung dengan berbagai jenis dan rasa, mempertahankan kualitas dan cita rasa yang tak pernah berubah, dan penerapan harga jual yang ramah di kantong. Strategi inovasi produk yang diterapkan oleh Bakso Cak Pitung dalam meningkatkan volume penjualan tercermin pada setiap harinya penjualan yang selalu laku dan habis terjual. Volume penjualan selama 3 tahun terakhi terus mengalami peningkatan, dari tahun 2018 omzet per tahunnya adalah Rp. 529.000.000,- kemudian di tahun 2019 naik sebesar 16% menjadi Rp. 627.200.000,- hingga tahun terakhir yaitu 2020 naik sebesar 19% mencapai Rp. 751.000.000,-.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Alvanecia Ghinza Fahira
Date Deposited: 09 Jun 2022 04:38
Last Modified: 09 Jun 2022 04:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4625

Actions (login required)

View Item View Item