Pengaruh Islamic Branding Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Pembersih Wajah Merk Wardah: Studi Pada Mahasiswi Prodi Perbankan Syariah Angkatan 2017 IAIN Kediri

Ainiah, Izatul (2021) Pengaruh Islamic Branding Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Pembersih Wajah Merk Wardah: Studi Pada Mahasiswi Prodi Perbankan Syariah Angkatan 2017 IAIN Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931310117_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931310117_bab1.pdf

Download (531kB)
[img] Text
931310117_bab2.pdf

Download (511kB)
[img] Text
931310117_bab3.pdf

Download (326kB)
[img] Text
931310117_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text
931310117_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
931310117_bab6.pdf

Download (162kB)
[img] Text
931310117_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)
[img] Text
931310117_daftarpustaka.pdf

Download (387kB)

Abstract

ABSTRAK IZATUL AINIAH, Dosen Pembimbing: Dr. Sulistyowati, S.HI, M.EI., dan Moch. Zainudin, M.EI. : Pengaruh Islamic branding terhadap Keputusan Pembelian Sabun Pembersih Wajah Merk Wardah (Studi pada Mahasiswi Prodi Perbankan Syariah Angkatan 2017 IAIN Kediri), Ekonomi Syariah, Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci : Islamic branding, Keputusan Pembelian Kebutuhan yang semakin berkembang mendorong perusahaan senantiasa berusaha untuk menciptakan berbagai produk untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat. Banyaknya produk membuat masyarakat semakin selektif dalam melakukan pembelian. Brand (merk) menjadi salah satu pertimbangan konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Salah satu strategi branding yang menunjukkan keefektifannya adalah Islamic branding. Populasi Muslim yang besar dinilai oleh para produsen sebagai pangsa pasar yang cukup menjanjikan. Penggunaan nama brand yang berbau Arab ataupun keislaman dinilai mampu membentuk persepsi dan kepercayaan tersendiri bagi konsumen Muslim untuk membeli suatu produk.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh Islamic branding terhadap keputusan pembelian sabun pembersih wajah merk Wardah pada mahasiswi Perbankan Syariah Angkatan 2017 IAIN Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif menggunakan data-data yang diperoleh dari lapangan berupa angka yang selanjutnya diolah dengan aplikasi statistika yaitu SPSS 21. Analisa data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, regresi linear sederhana, analisis korelasi, uji hipotesis T, dan koefisien determinasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswi prodi Perbankan Syariah berjumlah 64 mahasiswi. Selanjutnya untuk sampel penelitian ini juga menggunakan sampel sebanyak 64 mahasiswi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh Islamic branding terhadap keputusan pembelian pada mahasiswi prodi Perbankan Syariah angkatan 2017 IAIN Kediri termasuk ke dalam kategori cukup dengan nilai masing-masing 48,80 dan 43,58. Analisis regresi linear sederhana memperoleh persamaan Y = 10,804 + 0,672X yang menunjukkan pengaruh positif antara variabel Islamic branding (X) dengan variabel keputusan pembelian (Y). Untuk hasil analisis korelasi product moment menunjukkan angka 0,718 yang dikategorikan kuat. Dari hasil pengujian koefisien determinasi (R2 ) menunjukkan nilai 0,515. Nilai 0,515 memiliki arti bahwa besarnya pengaruh Islamic branding terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 51,5%. Sedangkan untuk sisanya sebesar 48,5% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini yaitu keluarga, kelompok referensi, kondisi ekonomi, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Izatul Ainiah
Date Deposited: 24 May 2022 07:43
Last Modified: 24 May 2022 07:43
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4442

Actions (login required)

View Item View Item