Seni Islami Sebagai Media Pendidikan Agama Bagi Anak-Anak (Studi Kasus: Desa Langenharjo, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri)

Farida, Hidayatul (2019) Seni Islami Sebagai Media Pendidikan Agama Bagi Anak-Anak (Studi Kasus: Desa Langenharjo, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933701515 PRA BAB.pdf

Download (669kB)
[img] Text
933701515 BAB 1.pdf

Download (349kB)
[img] Text
933701515 BAB II.pdf

Download (403kB)
[img] Text
933701515 BAB III.pdf

Download (283kB)
[img] Text
933701515 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
933701515 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
933701515 BAB VI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
933701515 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB)

Abstract

Dewasa ini, masyarakat Indonesia sudah mengalami banyak perkembangan, salah satu yang mengalami dampak dari perkembangan dan kemajuan zaman ada pada bidang kesenian yaitu seni islami rebana. Salah satunya yang menggunakan rebana sebagai media pendidikan agama bagi anak-anak adalah rebana yang ada di TPQ AL-IKHLAS di Desa Langenharjo Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Di TPQ ini anak-anak tidak hanya diajarkan cara mengaji yang baik dan benar, tapi mereka juga dilatih untuk bermain rebana. Adanya kegiatan rebana mendapatkan respon yang positif dari masyarakat maupun dari santri TPQ sendiri. Untuk mengetahui bagaimana seni islami rebana sebagai media pendidikan agama bagi anak-anak, penulis menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dalam penelitian ini metode pengumpulan data menggunakan metode pengamatan (Observasi), Wawancara (interview), dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, kemudian penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian yang telah dilakukan memperoleh hasil bahwa rebana menjadi media pendidikan agama bagi anak-anak yang disampaikan pada saat latihan maupun tampil. Pada saat latihan, pihak pelatih tidak hanya mengajarkan cara memainkan alat rebana saja, tetapi juga mengungkapkan makna dari sholawat yang mereka bawakan saat tampil. Selain itu, pihak pelatih juga memberikan ceramah singkat pada saat sebelum maupun sesudah latihan, mengajarkan cara bersuci yang benar, hafalan bacaan sholat mapun sejarah tentang nabi-nabi. Hal ini dilakukan karena pelatih berharap kelak saat anak-anak sudah sudah dewasa, mereka dapat mengamalkan ilmu yang telah mereka peroleh selama bergabung dengan rebana pada kehidupan keseharian mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY (Studi Kemasyarakatan, incl : sosiologi) > 1608 Sociology > 160801 Applied Sociology, Program Evaluation and Social Impact Assessment
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Sosiologi Agama
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:20
Last Modified: 14 Apr 2022 02:20
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4175

Actions (login required)

View Item View Item