Manajemen Konflik Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Guru Di SMA Al Huda Boarding School Tuban

Yahya, Moch. Bisrul Ali (2021) Manajemen Konflik Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Guru Di SMA Al Huda Boarding School Tuban. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932406017_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932406017_bab1.pdf

Download (184kB)
[img] Text
932406017_bab2.pdf

Download (624kB)
[img] Text
932406017_bab3.pdf

Download (248kB)
[img] Text
932406017_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
932406017_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text
932406017_bab6.pdf

Download (232kB)
[img] Text
932406017_daftarpustaka.pdf

Download (227kB)
[img] Text
932406017_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)

Abstract

Konflik dalam suatu organisasi merupakan sesuatu yang mutlak. Konflik selalu hadir dan tidak dapat dielakkan sebagai hasil dari adanya interaksi individu maupun sistem yang berlaku. Hal yang sama juga berlaku dalam sebuah organisasi pendidikan Islam. Berbagai hal seperti perbedaan pandangan, ketidakcocokan, dan pertentangan pendapat dalam menentukan program bisa dengan mudah mengarah pada terciptanya sebuah konflik. Dapat dikatakan bahwa konflik adalah suatu hal yang wajar. Konflik tidak bisa dihindari akan tetapi bisa diatur sedemikian rupa sehingga hasil dari konflik tidak bersifat negatif, melainkan dapat diolah menjadi sesuatu yang positif. Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui: faktor penyebab munculnya konflik di SMA Al Huda, metode penyelesaian konfik yang diterapkan, serta bagaimana peningkatan kinerja guru setelah terjadinya manajemen konflik yang baik oleh pihak manajemen sekolah utamanya kepala sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SMA Al Huda Boarding School Tuban. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara yang melibatkan Kepala Sekolah dan Wakil Kepala bagian Kurikulum sebagai sumber dan observasi lingkungan sekolah. Adapun dokumentasi analisis data dilakukan dengan cara Reduksi Data, Sajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Berdasarkan hasil kajian data, penyebab terjadinya konflik di SMA Al Huda didominasi oleh ketegangan yang terjadi antara tenaga pendidik karena tinginya ego dan sensivitas pribadi. Hal tersebut dikarenakan 92% tendik berada di kisaran usia 20-an sehingga sering terjadi perselisihan pendapat dan komunikasi yang kurang efektif. Untuk menyelesaikan konflik yang timbul, Kepala SMA Al Huda mencoba untuk melakukan pendekatan kepada guru-guru di sekolah secara personal dan professional serta mengajak untuk focus dalam mengedepankan visi misi sekolah. Dengan adanya kedekatan kepala sekolahtenaga pendidik dan visi misi yang sama diharapkan mampu memperlancar komunikasi yang terjalin, sehingga konflik kecil yang berpeluang muncul dapat segera ditangani dan dicarikan solusi. Setelah terjadi konflik dan ditangani melalui manajemen konflik yang telah disebutkan di atas, terdapat peningkatan kinerja guru berupa pengalaman kerja guru serta kreativitas penyelesaian konflik yang meningkat. Selain itu, manajemen konflik yang telah dijalankan juga mampu memperbaiki komunikasi antar guru dan mendorong tim untuk berkolaborasi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 24 Mar 2022 03:17
Last Modified: 24 Mar 2022 03:17
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3955

Actions (login required)

View Item View Item