Permainan-Permainan Bahasa Untuk Pembelajaran Bahasa Arab di Google Play Store

Qudriyah, Irtifa’ul (2019) Permainan-Permainan Bahasa Untuk Pembelajaran Bahasa Arab di Google Play Store. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932505415 prabab.pdf

Download (252kB)
[img] Text
932505415 Bab I.pdf

Download (163kB)
[img] Text
932505415 Bab II.pdf

Download (228kB)
[img] Text
932505415 Bab III.pdf

Download (133kB)
[img] Text
932505415 Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
932505415 Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
932505415 Bab VI.pdf

Download (79kB)

Abstract

Permainan bahasa merupakan cara belajar bahasa Arab dan pemerolehan bahasa Arab dengan bermain atau melalui permainan, hal ini dimaksudkan agar pembelajaran menjadi menarik dan tidak membosankan. Saat ini, banyak pengembang yang menawarkan permainan bahasa berbasis Android melalui Google Play Store.Penulis ingin mendalami tentang 1) Macam-macam permainan di Google Play Store yang sesuai dengan pembelajaran bahasa Arab dan cara memainkannya, 2) Materi-materi permainan bahasa yang sesuai dengan pembelajaran bahasa Arab, 3) Kelebihan dan kekurangan permainan bahasa di Google Play Store yang sesuai dengan pembelajaran bahasa Arab. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif pada permainan bahasa berbasis Android di Google Play Store. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permainan-permainan bahasa Arab di Google Play Store dan kesesuaiannya terhadap komponen-komponen pembelajaran bahasa Arab. Peneliti menggunakan metode dokumentasi untuk mengumpulkan data dari permainan-permainan Android di Google Play Store dan wawancara untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan game. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Ada tiga macam tingkat permainan bahasa; pertama, tingkat pemula yang terfokus pada pengenalan ketrampilan bahasa dan unsur bahasa dengan jumlah game sebanyak 60 permainan, kedua, tingkat menengah, permainan yang menyajikan pertanyaan�pertanyaan sederhana yaitu sebanyak 11 permainan, ketiga, permainan yang menyajikan konten dengan konsep tantangan yaitu sebanyak 18 permainan. 2) Materi permainan bahasa yang sesuai untuk pembelajaran bahasa Arab; ketrampilan menyimak sebanyak 67 permainan, ketrampilan berbicara sebanyak 4 game, ketrampilan membaca sebanyak 55 permainan, kertampilan menulis sebanyak 38 permainan, pembelajaran Ashwat sebanyak 25 permainan, pembelajaran tarkib sebanyak 7 permainan dan pembelajaran kosakata sebanyak 67 permainan. 3) Kelebihan permainan-permainan bahasa di Google Play Store: mempermudah guru dalam pembelajaran, menambah tingkat keberhasilan dalam belajar, meningkatkan motovasi belajar siswa, kekurangan permainan-permainan bahasa di Google Play Store: kurangnya interaksi dalam permainan non-petualangan serta penyajian yang kurang menarik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 08 Mar 2022 02:13
Last Modified: 08 Mar 2022 02:13
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3726

Actions (login required)

View Item View Item