Peran Inovasi Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Ditinjau Dari Manajemen Syariah (Studi Kasus Home Industri Pia Latief Kediri)

Frestywi, Herlik Meisya (2022) Peran Inovasi Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Ditinjau Dari Manajemen Syariah (Studi Kasus Home Industri Pia Latief Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931338515_prabab.pdf

Download (347kB)
[img] Text
931338515_bab1.pdf

Download (347kB)
[img] Text
931338515_bab2.pdf

Download (243kB)
[img] Text
931338515_bab3.pdf

Download (103kB)
[img] Text
931338515_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text
931338515_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
931338515_bab6.pdf

Download (13kB)
[img] Text
931338515_daftarpustaka.pdf

Download (125kB)
[img] Text
931338515_suratpernyataan.pdf

Download (110kB)

Abstract

Dalam persaingan bisnis yang sejenis, sangat berbahaya bagi perusahaan yang hanya mengandalkan produk yang ada tanpa melakukan usaha pengembangan, setiap perusahaan didalam mempertahankan dan meningkatkan penjualan serta share pasarnya, perlu mengadakan usaha penyempurnaan dan perubahan produk yang dihasilkan kearah yang lebih baik, sehingga dapat memberikan daya guna dan daya pemuas serta daya tarik yang lebih besar. Untuk memberikan usaha tersebut maka diperlukannya peran inovasi, karena inovasi dapat meningkatkan nilai tambah dari suatu produk, sehingga meningkatkan volume penjualan.dalam proses melakukan inovasi dengan tujuan menambah volume penjualan tentu harus dibarengi dengan penggunaan yang sesuai dengan aspek manajemen syariah, seperti keimanan, struktur organisasi, dan sistem syariah Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah Untuk mengetahui peran inovasi produk yang dilakukan Home Industri Pia Latief Kediri dalam meningkatkan volume penjualan Ditinjau dari manajemen syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis kualitatif model interaktif yang dilakukan selama dan setelah kegiatan pengumpulan data dilakukan. Kegiatan ini meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing or verification). Data dicek keabsahannya dengan tiga cara yaitu perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketentuan pengamatan, serta triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran inovasi yang dilakukan home industri Pia Latief sangatlah berpengaruh pada tingkat volume penjualan, hal ini dibuktikan dengan data kenaikan penjualan mulai dari tahun 2018- 2021, hal ini disebabkan karena home industri pia latief, melakukan inovasi produk dengan melakukan pengembangan produknya dengan melaukan tahapan inovasi seperti inovasi berbasis modulasi, inovasi berbasis ukuran, inovasi berbasis kemasan, dan inovasi berbasis pengurangan upaya. Dalam melakukan empat tahapan inovasi tersebut, terdapat perkembangan produksi di Pia Latief yang awalmula hanya memproduksi satu macam jenis pia saja yaitu pia kering, kini berkembang menjadi empat varian jenis pia, yaitu pia kering, pia kering jumbo, pia basah, dan pia basah jumbo, sehingga terjadi peningkatan volume penjualan dari jumlah produksi. Dan tinjauan dari segi manajemen syariah home Industri Pia Latief telah menerapkan perilaku yang sesuai dengan aspek manajemen syariah yaitu berupa keimanan dan struktur organisasi, dan sistem syaiah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Herlik Meisya Frestywi
Date Deposited: 11 Feb 2022 03:06
Last Modified: 11 Feb 2022 03:06
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3454

Actions (login required)

View Item View Item