Strategi Dakwah Melalui Media Sosial Instagram @Santringasinan Dalam Meningkatkan Eksistensi Dakwah Di Era Digital Pondok Pesantren Al-Amien Kediri

Hidayat, Muhammad Manarul (2021) Strategi Dakwah Melalui Media Sosial Instagram @Santringasinan Dalam Meningkatkan Eksistensi Dakwah Di Era Digital Pondok Pesantren Al-Amien Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
933506817_PRABAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933506817_BAB1.pdf

Download (532kB)
[img] Text
933506817_BAB2.pdf

Download (650kB)
[img] Text
933506817_BAB3.pdf

Download (229kB)
[img] Text
933506817_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
933506817_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text
933506817_BAB6.pdf

Download (194kB)
[img] Text
933506817_daftar_pustaka.pdf

Download (400kB)
[img] Text
933506817_suratpernyataan.pdf

Download (98kB)

Abstract

Di era saat ini perkembangan teknologi digital begitu pesat, dengan berkembangnya teknologi digital tentunya memberi kemudahan seluruh masyarakat dalam mencari informasi terutama melalui media sosial, pada saat ini media sosial selain digunakan untuk interaksi antar pengguna tetapi juga digunakan sebagai sarana menyebarkan dakwah. Salah satu pondok pesantren yang menggunakan media sosial Instagram sebagai media dakwah adalah Pondok Pesantren Al-Amien Ngasinan Rejomulyo di Kediri, bernama @santringasinan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi dakwah melalui media sosial instagram @santringasinan dalam meningkatkan eksistensi dakwah di era digital Pondok Pesantren Al-Amien Kediri. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Didukung dengan analisis teks dan metode pengumpulan data dengan observasi dan wawancara dengan informan meliputi pengelola akun media sosial Instagram @santringasinan Pondok Pesantren Al-Amien, Mahasiswa dan Santri Pondok Pesantren Al-Amien. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi dari Fred R. David yang menjelaskan bahwa strategi dibagi menjadi tiga tahapan. Yaitu, perumusan strategi, implementasi strategi dan penilaian strategi. Dari penelitian ini diperoleh bahwa strategi dakwah akun media sosial Instagram @santringasinan menggunakan tiga tahapan strategi. Tahap pertama yaitu, perencanaan yang meliputi perencanaan jangka panjang, menengah dan pendek, tahap kedua adalah implementasi yaitu memilih topik atau materi, membangun interaksi dengan followers dan memanfaatkan fitur-fitur Instagram. Dan yang terakhir adalah tahap penilaian dimana penilaian dari internal maupun dari perspektif followers.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Manarul Hidayat
Date Deposited: 19 Jan 2022 04:21
Last Modified: 19 Jan 2022 04:21
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3190

Actions (login required)

View Item View Item