Pengaruh Minat Dan Motivasi Siswa Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas Viii Di Mts N 1 Nganjuk Tahun Pembelajaran 2019/2020

Khoirudin, MUhammad Anang (2020) Pengaruh Minat Dan Motivasi Siswa Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas Viii Di Mts N 1 Nganjuk Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932135114 prabab.pdf

Download (448kB)
[img] Text
932135114 bab1.pdf

Download (320kB)
[img] Text
932135114 bab2.pdf

Download (420kB)
[img] Text
932135114 bab3.pdf

Download (466kB)
[img] Text
932135114 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text
932135114 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
932135114 bab6.pdf

Download (90kB)
[img] Text
932135114 daftar pustaka.pdf

Download (226kB)
[img] Text
932135114 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB)

Abstract

Dalam kaitannya dengan prestasi belajar, motivasi dan minat belajar merupakan salah satu hal yang memiliki pengaruh dalam menentukan apakah seorang siswa nantinya akan memiliki minat yang tinggi dalam kegiatan belajar mengajar yang nantinya akan mempengaruhi prestasi belajarnya. Hal tersebut disebabkan motivasi dan minat siswa adalah pendorong untuk menentukan besar kecilnya kemauan anak dalam proses belajarnya. Anak yang memiliki motivasi dan minat yang tinggi memungkinkan untuk mendapatkan prestasi belajar yang tinggi sehingga dapat mengantarkan anak tersebut dapat meraih apa yang di citacitakannya. Berangkat dari hal tersebut peneliti bermaksud untuk menelaah lebih jauh 1). Seberapa besar motivasi siswa?, 2). Seberapa besar minat siswa?, 3). Seberapa besar prestasi belajar siswa?, 4). Bagaimanakah pengaruh motivasi siswa terhadap prestasi belajar?, 5). Bagaimana pengaruh minat terhadap prestasi belajar?, 6). Bagaimakah pengaruh motivasi dan minat siswa terhadap prestasi belajar?. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Nganjuk yang berjumlah 256 siswa. Sampel data penelitian ini diperoleh sebanyak 152 siswa. Teknik pengambilan sampel (sampling) yang ditempuh adalah teknik Random Sampling. Metode pengumpulan data dengan angket, dokumentasi, dan analisis data statistik. Peneliti menganalisis data dengan menggunakans tatistik non-parametrik Kendall‘s Tau karena data dari variable X tidak normal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat siswa tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Nganjuk tahun pelajaran 2019/2020. Hal itu dibuktikan dengan jumlah rhitung yang di dapat untuk variabel minat siswa dan prestasi belajar (0,023) adalah lebih kecil dari rhtabel (0,159). Ditunjukkan dengan minat siswa kelas VIII di MTs N 1 Nganjuk pada tahun pelajaran 2019/2020 termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase 38.16% yang berpedoman pada perhitungan true score dengan nilai rata-rata 65.9605. Sedangkan untuk motivasi dibuktikan dengan jumalah rhitung yang di dapat untuk variabel motivasi siswa dan prestasi belajar (0,084) adalah lebih kecil dari rhtabel (0,159). Ditunjukkan dengan motivasi belajar siswa di MTs N 1 Nganjuk pada tahun Pelajaran 2019/2029 termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase 42.11% yang berpedoman pada perhitungan true score dengan nilai rata-rata 78.0592.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 11 Jan 2022 00:39
Last Modified: 11 Jan 2022 00:39
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3068

Actions (login required)

View Item View Item