Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Sholat Fardu Dan Sujud Sahwi Melalui Model Kooperatif Tipe Student Team Achement Division (Stad) Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Miftahul Huda Ngreco Kandat Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020

Nikmah, Ajifa Miftachun (2020) Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Sholat Fardu Dan Sujud Sahwi Melalui Model Kooperatif Tipe Student Team Achement Division (Stad) Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Miftahul Huda Ngreco Kandat Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932127013 prabab.pdf

Download (974kB)
[img] Text
932127013 bab1.pdf

Download (82kB)
[img] Text
932127013 bab2.pdf

Download (29kB)
[img] Text
932127013 bab3.pdf

Download (144kB)
[img] Text
932127013 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text
932127013 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text
932127013 bab6.pdf

Download (6kB)
[img] Text
932127013 daftar pustaka.pdf

Download (7kB)
[img] Text
932127013 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan belajar mengajar sangat dipengaruhi oleh beberapa komponen antara lain adalah pendidik, peserta didik, materi pelajaran, metode pembelajaran, sarana prasarana dan lingkungan belajar. Perkembangan mental peserta didik di sekolah antara lain meliputi kemampuan untuk bekerja secara abstraks menuju konseptual. Implikasinya adalah pembelajaran harus memberikan pengalaman yang bervariasi dengan metode yang efektif dan bervariasi. Metode mempunyai kedudukan yang sangat penting untuk pencapaian tujuan karena ia menjadi sarana dalam menyampaikan materi pelajaran yang aktif, efektif dan menyenangkan. Penggunaan metode yang tepat akan sangat menentukan efektifitas dan efisiensi pembelajaran. Pembelajaran perlu dilakukan dengan lebih menekankan pada interaksi dan kegiatan yang berpusat pada peserta didik sebagai subyek pembelajaran. Penggunaan metode yang tepat akan dapat membantu peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran yakni hasil belajar siswa. Salah satu metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Yang dimaksud dengan hasil belajar siswa di sini adalah kemampuan-kemampuan yang diperoleh siswa setelah menerima pengalaman belajarnya (Nana, 2006) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran fiqih materi Shalat Fardhu dan Sujud Sahwi kelas VII A MTs Miftahul Huda Ngreco Kandat Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020. Rancangan penelitan ini mengikuti model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yakni peneltian yang berorientasi pada pengkajian bersiklus seperti merencanakan, melaksanakan tindakan, mengamati dan merefleksi dengan pendekatan kuantitatif (Arikunto, 20006). Data penelitian dikkumpulkan melalui tiga instrumen seperti lembar performa guru, lembar kinerja siswa dan tes tulis siswa. Data yang terkumpul dari siklus I sampai dengan siklus V kemudian dianalisa untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa tiap siklusnya setelah dilakukan perlakuan. Berdasarkan hasil penelitan dan pembahasannya, peneliti dapat menyimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan pada mata pelajaran Fiqih materi shalat fardu dan sujud sahwi mulai dari siklus I sampai dengan siklus V di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Mfitahul Huda Ngreco Kandat Kabupaten Kediri. Pada siklus I dan siklus II ketuntasan belajar siswa sudah mengalami peningkatan. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas dalam tes tulis sebanyak 17 siswa (65%) dan pada skilus II jumlah yang tuntas dalam tes tulis sebanyak 20 siswa atau 75%. Namun peningkatan ketuntasan ini belum ideal karena jumlah siswa yang tuntas dalam tes tulis masih dibawah 85%. Sedangkan pada siklus III, siklus IV dan siklus V hasil tes tulis siswa meningkat secara signifikan. Prosentase ketuntasan tes tulis pada siklus III mencapai 85% atau setara dengan 22 siswa yang tuntas. Kemudian pada siklus IV jumlah siswa yang tuntas dalam tes tulis meningkat menjadi 23 siswa (90%). Peningkatan tingkat ketuntasan tes tulis juga terjadi pada siklus V dimana hanya 1 siswa saja yang tidak tuntas, sementara 25 siswa lainnya tuntas dalam tes tulis, 95%. Prestasi belajar siswa pada siklus III, IV dan V sudah mencapai atau bahkan melampuai target ideal yakni diatas 85%.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 04 Jan 2022 01:59
Last Modified: 04 Jan 2022 01:59
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3034

Actions (login required)

View Item View Item