Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Akhlakul Karimah Siswa Kelas VIII Di MTs Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri

Wijayanti, Fitria Dwi (2020) Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Akhlakul Karimah Siswa Kelas VIII Di MTs Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932126115 prabab.pdf

Download (463kB)
[img] Text
932126115 bab1.pdf

Download (86kB)
[img] Text
932126115 bab2.pdf

Download (127kB)
[img] Text
932126115 bab3.pdf

Download (61kB)
[img] Text
932126115 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
932126115 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text
932126115 bab6.pdf

Download (6kB)
[img] Text
932126115 daftar pustaka.pdf

Download (79kB)
[img] Text
932126115 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Guru akidah akhlak sendiri memiliki makna yaitu seorang guru yang mengajar tentang salah satu agama, tugas guru disini mewujudkan peserta didik yang Islami. Dalam pelajaran akidah akhlak sendiri membahas tentang ilmu tingkah laku dan kenyakinan iman. Di lingkungan sekolah seorang guru akidah akhlak memiliki peran yang cukup besar dalam menanamkan nilai-nilai Islami ke dalam diri peserta didik. Hal ini bertujuan untuk terbentuknya perilaku atau karakter-karakter yang dapat dijadikan pegangan bagi peserta didik dalam menghadapi pengaruh-pengaruh negatif yang ada di lingkungan sekitarnya. Sehingga pembelajaran yang yang dilakukan oleh guru akidah akhlak sangat mempengaruhi perubahan perilaku peserta didik. Tetapi fenomena-fenomena yang terjadi saat ini tidak sedikit yang melakukan hal-hal negatif seperti contoh : membolos, tidak taat aturan sekolah, merokok di sekolahan dan masih banyak lagi penyimpangan akhlak yang tidak patut dilakukan oleh seorang peserta didik. Oleh karena itu guru akidah akhlak di MTs Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri berupaya untuk menanamkan akhlak pada siswa yang dinilai kurang baik, dengan cara menggunakan 4 metode yang diantaranya yaitu : metode pembiasaan, metode keteladan, metode nasihat dan juga metode kedispilinan. Selain dari pihak guru pihak sekolah juga berperan penting dalam menanamkan akhlak pada siswa melalui kegiatan-kegiatan yang diantaranya yaitu sholat dhuha dan juga istighosah Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskristif berupa ucapan, atau tulisan dan perilaku yang dapat diamati dari subjek itu sendiri. Kesimpulan dari hasil peneliti yang dilakukan oleh peneliti yaitu : 1. Metode-metode yang dilakukan guru akidah akhlak di MTs Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri dalam menanamkan akhlakul karimah pada siswa yaitu menggunakan 4 metode yang diantaranya : pembiasan, keteladanan, nasihat, dan juga kedisiplinan. 2. Sedangkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan pihak-pihak sekolah dan guru akidah akhlak yaitu : sholat dhuha secara berjamaah, dan istighosah. 3, hambatan-hambatan yang dirasakan guru akidah akhlak, kurangnya dukungan dari pihak orang tua, kurangnya kesadaran dari peserta didik. 4, solusi yang diberikan yaitu dengan melakukan kerjasama dengan orang tua/wali murid. Memberikan nasihat-nasihat penting kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 04 Jan 2022 01:51
Last Modified: 04 Jan 2022 01:51
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3032

Actions (login required)

View Item View Item