Problematika Regulasi Diri Siswa Dalam Meningkatkan Kualitas Muraja’ah (Studi Kasus di Ma’had Al-Azhar MTsN 2 Kota Kediri )

Hakim, Istifadah Ilmi (2020) Problematika Regulasi Diri Siswa Dalam Meningkatkan Kualitas Muraja’ah (Studi Kasus di Ma’had Al-Azhar MTsN 2 Kota Kediri ). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932124116 prabab.pdf

Download (564kB)
[img] Text
932124116 bab1.pdf

Download (200kB)
[img] Text
932124116 bab2.pdf

Download (299kB)
[img] Text
932124116 bab3.pdf

Download (262kB)
[img] Text
932124116 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
932124116 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
932124116 bab6.pdf

Download (167kB)
[img] Text
932124116 daftar pustaka.pdf

Download (177kB)
[img] Text
932124116 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (955kB)

Abstract

Proses menghafal al-Qur’an pastinya membutuhkan waktu yang sangat lama karena dilihat dari al-Qur’an itu sendiri yang terdiri dari 114 surat, 6.236 ayat, 77.439 kata, dan 323.015 huruf yang semuanya menggunakan bahasa Arab. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui apa saja problematika regulasi diri siswa dalam meningkatkan kualitas muraja’ah mereka yang masih bersekolah dan memiliki kesibukan yang berbeda – beda. Fokus masalah dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana regulasi diri siswa di Ma’had MTsN 2 Kota Kediri dalam Muraja’ah, 2) Bagaimana cara mempertahankan hafalan dilingkup Ma’had Al – Azhar MTsN 2 Kota Kediri, 3) Bagaimana upaya dalam mengatasi problematika regulasi diri siswa dalam meningkatkan kualitas muraja’ah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus, karena peneliti melihat langsung masalah yang terdapat di lokasi dan memperhatikan keadaan yang diteliti, teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Regulasi diri siswa dilihat dari segi perencanaan belum memiliki perencanaan dalam muraja’ah, dari segi monitoring diri belum bisa membagi waktu dengan jadwal kegiatan lainnya, dari segi instruksi diri belum bisa istiqamah dalam muraja’ah dan dari segi evaluasi seluruh siswa dapat mengevaluasi diri sendiri. 2) Upaya mempertahankan hafalan yang dilaksanakan di Ma’had Al Azhar MTsN 2 Kota Kediri diantaranya dengan memprogramkan kegiatan khataman al- Qur’andan deresan wajib. 3) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi problematika regualsi diri siswa dalam meningkatkan kualitas muraja’ah yaitu dengan meningkatkan regulasi diri intrapersonal meliputi tujuan dan memelihara motivasi, regulasi interpersonal meliputi perbaikan hubungan dengan teman, orang tua dan guru, regulasi diri metapersonal yaitu memperbaiki niat dalam menghafal al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 30 Dec 2021 02:52
Last Modified: 30 Dec 2021 02:52
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3022

Actions (login required)

View Item View Item