Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Profesionalisme Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MAN 4 Kediri

Minan, Ahmad Faiqul (2020) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Profesionalisme Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MAN 4 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932108615 prabab.pdf

Download (522kB)
[img] Text
932108615 bab1.pdf

Download (347kB)
[img] Text
932108615 bab2.pdf

Download (271kB)
[img] Text
932108615 bab3.pdf

Download (417kB)
[img] Text
932108615 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
932108615 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
932108615 bab6.pdf

Download (123kB)
[img] Text
932108615 daftar pustaka.pdf

Download (224kB)
[img] Text
932108615 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: 1) Persepsi siswa tentang profesionalisme guru mata pelajaran akidah akhlak di MAN 4 Kediri 2) Hasil belajar siswa di MAN 4 Kediri pada mata pelajaran akidah akhlak 3) Pengaruh persepsi siwa tentang profesionalisme guru mata pelajaran akidah akhlak terhadap hasil belajar siswa di MAN 4 Kediri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MAN 4 Kediri yang berjumlah 1.149 siswa yang terbagi kedalam 32 kelas. Sampel yang diambil berdasarkan tabel Isaac dan Michael yaitu sebanyak 270 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai rata-rata persepsi siswa tentang profesionalisme guru pada mata pelajaran akidah akhlak sebesar 174,29. Berdasarkan tabel true score, persepsi siswa tentang profesionalisme guru pada mata pelajaran akidah akhlak berada didalam rentang skor 157 – 193 yang dikategorikan baik. 2) Berdasarkan data nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,75. Nilai tersebut dikategorikan baik menurut panduan penilaian satuan pendidikan. 3) Hasil analisis regresi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh persepsi siswa tentang profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN 4 Kediri. Persepsi siswa tentang profesionalisme guru memberikan pengaruh sebesar 32,6% terhadap hasil belajar siswa, dan sisanya sebesar 67,4% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 21 Dec 2021 10:12
Last Modified: 21 Dec 2021 10:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2965

Actions (login required)

View Item View Item