Pengaruh Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Eskulin Cologne Gel (Studi Pada Siswa Tata Kecantikan SMKN 3 Kediri)

Palasari, Nanda Deah Ayu (2020) Pengaruh Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Eskulin Cologne Gel (Studi Pada Siswa Tata Kecantikan SMKN 3 Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931356715 prabab.pdf

Download (281kB)
[img] Text
931356715 bab1.pdf

Download (253kB)
[img] Text
931356715 bab2.pdf

Download (245kB)
[img] Text
931356715 bab3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931356715 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
931356715 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
931356715 bab6.pdf

Download (85kB)
[img] Text
931356715 daftar pustaka.pdf

Download (147kB)
[img] Text
931356715 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (987kB)

Abstract

Kelompok acuan atau kelompok referensi adalah kelompok-kelompok yang memberikan pengaruh langsung atau tidak langsung terhadap sikap dan perilaku seseorang. Kelompok acuan merupakan salah satu faktor sosial yang mempengaruhi keputusan pembelian. Seberapa besar interaksi yang dilakukan oleh kelompok acuan dalam memberikan informasi terhadap suatu produk dapat mempengaruhi keputusan dalam pembelian sebuah produk. Penelitian ini bertujuan yang pertama, untuk mengetahui kelompok acuan pada siswa tata kecantikan di SMKN 3 Kediri terhadap keputusan pembelian produk Eskulin Cologne Gel. Kedua, untuk mengetahui keputusan pembelian siswa tata kecantikan di SMKN 3 Kediri terhadap produk Eskulin Cologne Gel. Ketiga, untuk mengetahui pengaruh kelompok acuan terhadap keputusan pembelian produk Eskulin Cologne Gel pada siswa tata kecantikan di SMKN 3 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 125 responden pada siswa Tata Kecantikan di SMKN 3 Kediri yang telah melakukan pembelian terhadap produk Eskulin Cologne Gel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer didapat dari kuesioner yang disebar kepada responden dan data sekunder didapat dari data kurikulum sekolah. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kelompok acuan (X) dan keputusan pembelian (Y) terhadap produk Eskulin Cologne Gel adalah dalam kategori tinggi, dan hubungan antara kelompok acuan (X) terhadap keputusan pembelian (Y) produk Eskulin Cologne Gel pada siswa Tata Kecantikan di SMKN 3 Kediri adalah sangat kuat dengan angka 0,710. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kelompok acuan (X) terhadap variabel keputusan pembelian (Y), sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Nilai koefisien determinasi (R Square) diketahui sebesar 0,504 yang berarti sebesar 50,4% variabel keputusan pembelian di SMKN 3 Kediri di pengaruhi oleh kelompok acuan, sedangkan sisanya sebesar 49,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian, seperti faktor budaya, faktor pribadi, dan faktor psikologis.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 20 Dec 2021 07:18
Last Modified: 20 Dec 2021 07:18
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2946

Actions (login required)

View Item View Item