Strategi Penjualan Ikan Laut “UD Samudera Jaya” Di Tinjau Dari Syari’ah Marketing (Studi Kasus di Desa Karangmangu Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang)

Achwal, Moh. Choirul (2020) Strategi Penjualan Ikan Laut “UD Samudera Jaya” Di Tinjau Dari Syari’ah Marketing (Studi Kasus di Desa Karangmangu Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931321513 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931321513 bab1.pdf

Download (379kB)
[img] Text
931321513 bab2.pdf

Download (388kB)
[img] Text
931321513 bab3.pdf

Download (224kB)
[img] Text
931321513 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
931321513 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
931321513 bab6.pdf

Download (199kB)
[img] Text
931321513 daftar pustaka.pdf

Download (80kB)
[img] Text
931321513 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB)

Abstract

Islam memberikan batasan terhadap pemilik harta dalam mengembangkan dan meningkatkan investasinya dengan cara yang benar dan tidak bertentangan dengan akhlaq, norma, dan nilai-nilai kemuliaan. UD. Samudera Jaya merupakan salah satu dari sekian banyaknya usaha yang menjual ikan laut, berdiri sejak tahun 2007, meskipun termasuk dalam usaha yang baru, namun usaha ini dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan yang sangat pesat, di bandingkan dengan usahausaha yang lebih dulu berdiri. Dengan demikian yang menjadi fokus penelitian masalah yang dapat diambil yaitu; 1.) Bagaimana strategi penjualan yang dilakukan UD. Samudera Jaya. 2.) Bagaimana strategi penjualan UD. Samudera Jaya ditinjau dari syari’ah marketing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana kehadiran peneliti di lapangan sangat diperlukan, sumber data penelitian kualitatif adalah berdasarkan hasil observasi lapangan dan wawancara dengan pemilik, pemasar, pekerja, dan para konsumen UD. Samudera Jaya untuk mengetahui bagaimana strategi penjualan yang di terapkan di UD. Samudera Jaya. Tahap terakhir yang dilakukan adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamat dan triangulasi. Adapun penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi penjualan UD. Samudera Jaya menerapkan elemen dari bauran pemasaran yaitu product, promotion, price, dan place. 1.)Product: ikan-ikan yang di jual di UD. Samudera Jaya sangat bagus dan selalu di jaga kesegarannya. 2.)Promotion: promosi yang dilakukan di UD Samudera Jaya yaitu promosi diskon dan personal selling. 3.)Price: harga yang ditetapkan sudah sesuai harga pasaran. UD. Samudera Jaya juga menawarkan dua pilihan pembayaran kepada konsumen yaitu kredit/hutang dan secara cash, sesuai kesepakatan dari kedua belah pihak. 4.)Place; distribusi pada UD. Samudera Jaya menjual barang dagangannya di gudang. Jika di tinjau dari segi syari’ah marketing, strategi penjualan yang di terapkan oleh UD. Samudera Jaya belum sepenuhnya menerapkan etika syari’ah marketer yaitu berlaku adil dalam bisnis (Al-Adl), karena di dalam praktek penjualannya masih ada ketidak adilan dalam penjualan ikan yang ada di keranjang/basket. Dan untuk hal seperti produk, promosi, penetapan harga, dan penyimpanan stok di gudang sudah sesuai dengan syari’ah marketing.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 07 Dec 2021 01:06
Last Modified: 07 Dec 2021 01:06
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2891

Actions (login required)

View Item View Item