Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran E-learning pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri 5 Nganjuk

Ningsih, Purnami (2021) Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran E-learning pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri 5 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932108217 prabab.pdf

Download (871kB)
[img] Text
932108217 1,2,3.pdf

Download (605kB)
[img] Text
932108217 4,5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932108217 6,dp.pdf

Download (422kB)
[img] Text
932108217 lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Bagaimana evaluasi context dalam pelaksanaan pembelajaran e-learning pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Negeri 5 Nganjuk, 2) Bagaimana evaluasi input dalam pelaksanaan pembelajaran e-learning pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Negeri 5 Nganjuk, 3) Bagaimana evaluasi process dalam pelaksanaan pembelajaran e�learning pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Negeri 5 Nganjuk, 4) Bagaimana evaluasi product dalam pelaksanaan pembelajaran e-learning pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Negeri 5 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif termasuk jenis penelitian evaluasi dengan model CIPP (Contet, Input, Process, Product) yang dipopulerkan oleh Daniel L. Stufflebeam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap kegiatan diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang sudah lengkap kemudian divalidasi dengan dilakukan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen : 1) Context yakni madrasah telah memahami program pembelajaran e-learning dengan baik. Legalitas program pelaksanaan pembelajaran e-learning sesuai dengan surat edaran dari pemerintah. Dukungan lingkungan sangat mendukung adanya program pembelajaran e-learning. Tujuan dari pembelajaran e-learning ini untuk mencegah penyebaran virus covid-19. 2) Input yakni SDM meliputi stakeholder di madrasah untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran e-learning. Sarpas telah mendukung untuk pelaksanaan e-learning. Anggaran dana bersumber dari dana yang didapat dari pemerintah. Kurikulum yang digunakan telah sesuai dengan Kurikulum 2013. 3) Process yakni pelaksanaan pembelajaran e-learning yang dilakukan oleh guru dengan mengacu pada RPP. Upaya guru dalam pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak telah maksimal. Monitoring pelaksanaan pembelajaran e-learning dilakukan secara online. Hambatan yang dialami dalam pelaksanaan pembelajaran e-learning sangat beragam. 4) Product yakni penilaian pembelajaran e-learning melalui penilaian sikap spiritual peserta didik dengan hasil yang baik. Penilaian sikap sosial peserta didik melalui sikap disiplin dan patuh menunjukkan hasil yang baik. Penilaian pengetahuan peserta didik termasuk dalam kategori baik dengan jumlah nilai rata-rata 84,68 dan 86,25. Penilaian keterampilan peserta didik dengan melakukan praktik shalat maghrib dan dzikir menunjukkan hasil yang baik dengan jumlah nilai rata-rata 87,72 dan 85,9.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 24 Aug 2021 03:40
Last Modified: 24 Aug 2021 03:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2525

Actions (login required)

View Item View Item