Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di Sdit Alia Nurul Jihadi Tangerang

Rarastiwi, GIntan Dwi (2019) Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di Sdit Alia Nurul Jihadi Tangerang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933400515 prabab.pdf

Download (275kB)
[img] Text
933400515 bab1.pdf

Download (190kB)
[img] Text
933400515 bab2.pdf

Download (188kB)
[img] Text
933400515 bab3.pdf

Download (250kB)
[img] Text
933400515 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
933400515 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
933400515 bab6.pdf

Download (86kB)
[img] Text
933400515 daftar pustaka.pdf

Download (167kB)
[img] Text
933400515 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB)

Abstract

SDIT Alia Nurul Jihadi merupakan sekolah setara SD di Tangerang yang dimana, selain menjadikan para siswa disekolah tersebut memiliki akhlak yang sesuai dengan Sunnah dan menjadi seorang tahfidz, visi dari sekolah ini juga mengharapkan siswa mereka dapat memiliki prestasi belajar dalam bidang akademik. Namun kenyataannya hampir 75% siswa kelas V di SDIT Alia Nurul Jihadi terlihat tidak menunjukkan perilaku siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi dalam bidang akademik. Pernyataan lain yang di dapat bahwa banyak dari mereka yang mempersepsikan negatif perihal dukungan sosial orangtua yang diberikan kepada siswa kelas V tersebut terhadap proses belajar dalam bidang akademik mereka. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui adanya hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan motivasi belajar siswa kelas V di SDIT Alia Nurul Jihadi Tangerang dan seberapa besar hubungan dukungan sosial orangtua dengan motivasi belajar siswa kelas V tersebut. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dimana instrument penelitian yang digunakan ialah menggunakan skala. Skala dukungan sosial orangtua disusun berdasarkan teori Sarafino dan untuk skala motivasi belajar disusun berdasarkan teori Hamzah B Uno. Penelitian ini merupakan studi populasi yang menggunakan seluruh subyek yang terkait dalam fenomena dan berjumlah 96 siswa kelas V di SDIT Alia Nurul Jihadi Tangerang. Berdasarkan pengolahan data didapatkan hasil penelitian yakni terdapat adanya hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan motivasi belajar siswa kelas V di SDIT Alia Nurul Jihadi Tangerang, hal ini terlihat pada nilai koefisien sebesar 0,958 dan signifikansi 0,000, dimana p> 0,05. Sehingga dapat diasumsikan bahwa semakin tinggi dukungan sosial orangtua maka, semakin tinggi motivasi belajar, begitu pula sebaliknya semakin rendah dukungan sosial orangtua maka, akan semakin rendah juga motivasi belajar siswa kelas V di SDIT Alia Nurul Jihadi Tangerang. Kemudian besar hubungan dukungan sosial orangtua dan motiivasi belajar siswa kelas V sebesar r2 = 0,918, artinya, 91,8% motivasi belajar siswa kelas V dipengaruhi oleh dukungan sosial orangtua.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 16 Aug 2021 03:11
Last Modified: 16 Aug 2021 03:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2496

Actions (login required)

View Item View Item